Demokrat Sulsel Janjikan Kompensasi Caleg Gagal

  • Bagikan
Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni'matullah menyaksikan penandatangan pakta integritas kompensasi untuk Calon Legislatif (Caleg) terpilih di Hotel Claro Makassar belum lama ini. Foto: FAHRULLAH/RAKYATSULSEL/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan menyiapkan kompensasi bagi calon legislatif (Caleg) yang gagal duduk di parlemen.

Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni'matullah mengatakan, suara caleg yang gagal terpilih sangat berharga. "Kami memberikan kompensasi kepada calon legislatif yang tidak terpilih. Jadi setiap usaha yang mereka keluarkan selama sosialisasi tidak akan sia-sia,” ujar Ni’matullah.

Ni’matullah menjelaskan pemberian kompensasi memiliki syarat yaitu di dapil caleg yang bersangkutan ada yang meraih kursi. “Tetap kita memiliki rumus untuk itu, dan ini dilakukan untuk mengapresiasi perjuangan mereka. Bahwa suara caleg yang tidak duduk akan dibayarkan oleh caleg yang duduk," katanya.

Untuk nilai kompensasi kata Ni'matullah yakni Rp50 ribu satu suara. "Tapi harus juga memiliki batas suara dia peroleh. Kalau tingkat kabupaten minimal 500 suara, kalau tingkat provinsi minimal 5.000 suara," tegasnya.

Sementara untuk kompensasi caleg DPR RI menjadi ranah DPP. "Kalau caleg gagal DPR RI bukan saya. Saya urus hanya DPRD provinsi dan Kabupaten Kota,” lanjutnya lagi.

Perjanjian kompensasi itu diteken dihadapkan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY pun memberikan apresiasi khusus. Kompensasi suara ini kata dia, memberikan semangat tersendiri bagi seluruh caleg untuk bekerja semaksimal mungkin.

“Jadi tidak boleh ada yang merasa aman. (Kompensasi suara) ini bagus. Ada komitmen kesepakatan sehingga seluruh caleg punya semangat dan kerjanya tak sia-sia untuk mendapatkan kursi,” ujar AHY. (Fahrullah/B)

  • Bagikan