Survei ARCHI : Prabowo Masih Unggul di Sulsel

  • Bagikan
Para calon presiden RI pada Pemilu 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Lembaga survei Archi Research and Strategy telah merilis jika pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka masih unggul di Provinsi Sulawesi selatan.

Survei yang dilakukan ini mengumpulkan respon dari 850 warga Sulawesi Selatan yang dipilih secara acak dengan teknik stratified multistage random sampling pada periode 8-13 Januari 2024.

Berdasarkan perhitungan statistik, Margin of Error (MoE) dari sample yakni 4,2% dengan Convidence Level 95%. Artinya, peneliti memiliki keyakinan bahwa kesalahan pada pengambilan sampel di bawah 5%.

Senior Researcher and Data Scientist, Hillman wirawan mengatakan, survei ini melalui Door To Door. Dimana dia juga mencoba membandingkan sebaran suara Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Sulsel dan Indonesia.

“Prabowo-Gibran tetap di posisi pertama dalam survei dengan 46,71%, sedikit lebih tinggi dari survei nasional (45,9%),” jelasnya.

“Pasangan Anies-Muhaimin di posisi kedua dengan 31,29% di sulsel dan 33,61% di tingkat Nasional. Sementara Ganjar-Mahfud di posisi terakhir dengan 20,82% respons di Sulsel dan 16,6% di tingkat nasional,” ujarnya.

Pihaknya menyebutkan Partai pengusung cenderung memiliki distribusi suara nasional dalam hal pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024. Golkar, Gerindra, NasDem, dan PAN, keempat partai ini tentunya bekerja keras untuk mendorong elektabilitas Calon Presiden dan Wakil Presiden mereka.

“Golkar, Gerindra dan PAN mendorong suara untuk pasangan Prabowo-Gibran, sementara NasDem berusaha menyaingi dengan tetap memaksimalkan dukungan untuk Anies-Muhaimin,” bebernya.

”Selaras dengan suara partai pendukungnya, yakni PDI-P, pasangan Ganjar-Mahfud memang tidak begitu menunjukkan persaingan yang kuat dengan kedua pasangan calon lainnya,” tutupnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan