Timnas Kian Percaya Diri

  • Bagikan
Timnas Indonesia

QATAR, RAKYATSULSEL - Secara dramatis Timnas Indonesia berhasil mengamankan satu tiket ke babak 16 besar ajang Piala Asia 2023. Kepastian itu didapatkan, setelah Indonesia berhasil keluar sebagai salah tim yang menempati peringkat tiga terbaik.

Salah satu saingan yaitu Oman, yang seharusnya meraih kemenangan atas Kirgizstan gagal setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 selama 90 menit plus tujuh menit tambahan waktu. Gol Oman diciptakan oleh Muhsen Al-Ghassani di menit ke-8, lalu dibalas oleh Joel Kojo di menit ke-80.

Hasil ini pun membuat Indonesia berhasil mengamankan satu tiket ke babak 16 besar bersama tiga tim peringkat tiga terbaik yakni Suriah, Palestina dan Yordania

Adapun untuk calon kuat lawan yang akan dihadapi oleh Pratama Arhan dan kawan-kawan di babak 16 besar adalah lawan tangguh lainnya yakni Australia. Australia bisa berhadapan dengan Indonesia mengingat status sebagai juara grup B. Dan berkat hal tersebut ia menunggu lawan dari peringkat tiga terbaik.

Seluruh pelatih, pemain hingga official larut dalam euforia keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Setelah resmi melaju ke babak selanjutnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong pun menyebut ini berkat kerja keras dari para pemain. Bahkan, ia menyebut kerja keras yang dilakukan oleh pemain dilihat oleh sang pencipta dan karena itulah hasilnya mereka bisa sampai ke 16 besar.

"Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini,” kata Shin Tae Yong dikutip dari laman resmi PSSI.

“Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan)," ujar dia.

Tak lupa, pelatih asal Korea Selatan itu pun mengucap terima kasih untuk perjuangan para pemain yang bisa melangkah jauh sampai ke babak ini.

"Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak," kata STY.

Pada momen ini juga seluruh pemain , pelatih, dan ofisial memang menonton laga tersebut. Mereka menonton di hotel tempat menginap di Doha, Qatar. Begitu hasil imbang dipastikan, para pemain, pelatih, dan ofisial tampak bersuka cita dan melakukan selebrasi di salah satu ruangan di hotel tersebut.

Hasil ini pun membuat Indonesia berhasil mengamankan satu tiket ke babak 16 besar bersama tiga tim peringkat tiga terbaik yakni Suriah, Palestina dan Yordania

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merasa bersyukur timnya bisa melangkah sejauh ini. Mantan pemain Jeongnam Dragons itu tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya dan mengungkap bahwa doanya dan rekan-rekannya di jawab.

“Alhamdulillah, kita berhasil lolos,” kata Asnawi Mangkualam dikutip dari laman resmi PSSi.

“Tuhan menjawab do’a dan usaha kita,” terangnya.

Sementara itu, winger Timnas Indonesia, Yakob Sayuri merasa sangat bersyukur Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak 16 besar. Yakob Sayuri melalui unggahan di akun instagram pribadinya @yassa_sayuri22, mengungkap rasa syukurnya atas pencapaian ini.

Pemain berusia 26 tahun itu pun bahkan menyebut tidak ada yang tidak mungkin jika samg pencipta sudah berkehendak.

“Berkat Tuhan Yesus tidak ada yang tidak mungkin,” tulis Yakob Sayuri di unggahannya itu.

Keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar ini, menjadi sejarah karena yang pertama kalinya dalam lima partisipasi di ajang Piala Asia.

Pengamat sepak bola di Makassar, Assegaf Razak mengatakan lolosnya Indonesia pada 16 besar pada Piala Asia 2023 merupakan sejarah, apalagi hanya dua dari Asia Tenggara yang lolos yakni Indonesia dan Thailand.

Mantan pemain PSM Makassar ini menyebutkan jika pertandingan nanti melawan Australia, Indonesia mampu bersaing karena lolosnya Indonesia 16 besar menjadi sejarah Piala Asia 2023 dan ini suatu kebanggaan.

“Karena selama ini saya lihat Timnas Indonesia mulai berbenah diri dan bisa bersaing di Asia dengan penambahan ini saya lihat bisa bersaing di tingkat Asia,” kata Assegaf.

Pembenahan dilakukan itu salah satunya adanya beberapa pemain naturalisasi. “Jadi saya lihat juga ketua PSSI ini sangat serius benahi persepak bolaan Indonesia khususnya induk ornagasinisasi kita (PSSI),” ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan dengan keberadaan pemain naturalisasi, Indonesia tidak kalah dengan tim-tim lain.

“Saya rasa tidak ada persoalan dengan Australia, apalagi Indonesia sering ketemu dengan Australia dan saya optimis Indonesia bisa lolos ke babak berikutnya,” imbuh dia.

Asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Ariato, menegaskan bahwa euforia tersebut tidak akan berlarut-larut karena fokus sekarang tertuju pada pertandingan melawan Australia. Nova menyatakan bahwa skuad Garuda siap fokus untuk menghadapi laga kontra negara Kangguru tersebut.

"Kami tidak akan berhenti di sini dan akan fokus pada pertandingan selanjutnya menghadapi Australia. Terima kasih Tuhan untuk rencana indah ini bagi sepakbola Indonesia," ungkap Nova Ariato melalui akun Instagram pribadinya @novarianto30.

Nova mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain dan staf Timnas Indonesia atas perjuangan keras mereka. Dia juga memberikan apresiasi kepada para suporter Garuda, menyebut bahwa pencapaian ini menjadi sejarah bagi sepakbola Indonesia.

"Selamat untuk para pemain, pelatih, dan seluruh staf. Juga terima kasih atas doa dan dukungan dari pencinta sepakbola semuanya karena ini adalah sejarah bagi sepakbola Indonesia," tutup Nova Ariato. (fahrullah/A)

  • Bagikan