655 TPS di Sulbar Rawan Kecurangan

  • Bagikan
Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Sulbar, Muhammad Darwis (Foto: Sudirman/Rakyatsulsel)

MAMUJU, RAKSUL -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) telah merilis sebanyak 655 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diwanti - wanti rawan kecurangan.

Hal tersebut diungkapkan, Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Sulbar, Muhammad Darwis saat di konfirmasi.

"Update terakhir di Bawaslu Sulbar dimana dari 4.219 Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdapat 655 TPS yang masuk kategori rawan," ungkapnya.

Diketahui 655 TPS yang masuk kategori rawan di Sulawesi Barat diantaranya: Kabupaten Majene 83 TPS, Kabupaten Mamasa 182 TPS, Kabupaten Mamuju 102 TPS, Kabupaten Pasangkayu 64 TPS, Kabupaten Polman 168 TPS, dan Kabupaten Mateng 56 TPS.

Menurutnya, indikator-indikator sehingga ada beberapa TPS bahkan sampai 655 TPS yang masuk kategori rawan.  Diantaranya melihat dari rekam jejak (track record) di pemilu-pemilu sebelumnya.

Dimana pada pemilu tahun lalu ada beberapa TPS yang hampir berlangganan Pemungutan Suara ulang (PSU) dikarenakan ada beberapa TPS yang terindikasi  dua kali pencoblosan.

“Itu yang menjadi indikator-indikator kami di Bawaslu Sulbar sehingga kami menetapkan ada 655 TPS yang masuk kategori rawan di pemilu 2024,”jelasnya. (Sudirman)

  • Bagikan