Ketua Desk Pemilu Kemenko Polhukam Minta Forkopimda Sulsel Kawal Hasil Pencoblosan

  • Bagikan
Ketua Desk Pemilu dan juga Staf Ahli Kemenko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, Abdul Rivai Ras.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Desk Pemilu dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melakukan pemantauan terhadap proses pencoblosan Pemilu 2024 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Abdul Rivai Ras, Ketua Desk Pemilu dan juga Staf Ahli Kemenko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, menyatakan bahwa secara umum suasana selama proses pencoblosan relatif kondusif. Timnya telah melakukan pemantauan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebelum berkantor di KPU Sulsel.

Rivai juga menjelaskan bahwa mereka telah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) yang difasilitasi oleh Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. Rakor ini dihadiri oleh perwakilan unsur TNI, Polri, BIN, serta pihak KPU dan Bawaslu di Sulsel.

Tujuan utama Rakor adalah memastikan bahwa pemerintah mendukung penyelenggaraan Pemilu dengan menjaga kualitas politik, memastikan keamanan, dan menegakkan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku serta menjunjung tinggi kode etik.

"Sebagai bagian dari pemerintah, kami berkewajiban untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu (KPU/Bawaslu) sesuai dengan amanat UU dalam menjaga dan mengawal hasil pemungutan suara yang telah dilaksanakan hari ini," ujarnya.

Karenanya, komitmen Forkopimda Sulsel bersama instansi terkait, penyelenggara Pemilu, dan seluruh elemen masyarakat sangat penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.

"Selain mengawal hasil yang sudah ada, keamanan dan kedamaian adalah suatu keharusan," ungkap Rivai yang juga berperan sebagai Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman.

  • Bagikan