Seminar Nasional Cagar Biosfer, Wabup Selayar Harap Pengelolaan Libatkan Pemangku Kepentingan

  • Bagikan
Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, mendapat kesempatan memberikan sambutan dalam Seminar berskala Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, mendapat kesempatan memberikan sambutan dalam Seminar berskala Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

Acara yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan ini dihadiri oleh para pengelola Taman Nasional dari seluruh Indonesia.

Dalam keterangannya kepada para pewarta pada Kamis (29-2) sore, Wabup menjelaskan bahwa seminar ini membahas tentang Cagar Biosfer Indonesia dengan tema ".Harmonisasi Pengelolaan Cagar Biosfer secara Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Rakyat."

Wabup Saiful pun menyampaikan bahwa tujuan dari seminar ini selain dalam rangka merumuskan solusi pemanfaatan sumber daya alam secara lestari dan berkelanjutan, juga untuk merumuskan standar/model pengelolaan yang melibatkan para pemangku kepentingan dalam pengelolaan kawasan cagar biosfer, serta penguatan jaringan pengelolaan Cagar Biosfer.

Taman Nasional Taka Bonerate telah terdaftar sebagai Cagar Biosfer sejak tahun 2015. Karena itu, Balai Taman Nasional Taka Bonerate yang saat ini dipimpin oleh Ahmad Yani, S. Hut, dipercaya sebagai penyelenggara acara ini.

Seminar yang dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan, Andi Hasbi, mewakili Penjabat Gubernur, diikuti oleh sekitar 800 peserta dari seluruh Indonesia. Sebagian hadir langsung di Hotel Harper Jalan Perintis Kemerdekaan Biringkanayya Makassar, sementara yang lain mengikuti melalui platform Zoom.

Turut memberikan sambutan melalui Zoom adalah Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem. (***)

  • Bagikan