3 Rekomendasi Jus Buah Ampuh Atasi Darah Tinggi

  • Bagikan

RAKYATSULSEL -Hipertensi atau darah tinggi memang cukup rawan dengan beberapa makanan dan minuman.

Agar tidak sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu hipertensi atau darah tinggi, sebaiknya mulailah dengan gaya hidup sehat.

Dilansir dari Tyler Paper, Sabtu (2/3), tekanan darah tinggi berkembang ketika darah memaksakan kekuatan yang lebih besar pada dinding arteri sehingga terjadi peningkatan tekanan darah yang melebihi kisaran batas atas 140/90 mmHg.

Pakar Kesehatan dari Texas Amerika Serikat Janet Hurley menjelaskan tekanan darah tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala.

Penderita hipertensi, biasanya tidak tahu bagaimana tekanan darah mereka hanya berdasarkan pada apa yang dirasakan.

Kadang-kadang orang hanya akan pergi ke dokter ketika sudah merasa sakit.

Bahkan seringkali mereka menganggap bahwa tekanan darah tinggi bukan masalah besar.

"Banyak apotek menyediakan penggunaan alat tensi tekanan darah gratis yang cukup akurat," ungkap Janet Hurley.

"Idealnya, orang akan duduk mengecek tekanan darah selama 5 menit untuk memastikan detak jantung dan tekanan darah mereka pada nilai normal."

"Maka cek tekanan darah rutin secara berkala penting dilakukan," lanjutnya.

Beberapa hal yang memicu hipertensi biasanya adalah kebiasaan merokok, obesitas, dan asupan garam yang tinggi bisa jadi pemicu hipertensi.

Selain itu, makan yang tidak sehat, jam kerja yang panjang, dan stres adalah beberapa faktor gaya hidup yang bisa menyebabkan penyakit, salah satunya hipertensi atau darah tinggi.

"Penting bagi pasien untuk mendapat informasi tentang apa yang dapat dilakukan. Sebab risikonya hal ini dapat menyebabkan stroke, gagal jantung, serangan jantung, gagal ginjal, sirkulasi kaki yang buruk, efek samping seksual pada pria dan masalah jangka panjang lainnya," ungkapnya.

Apabila Anda sudah terdeteksi hipertensi, perawatan ideal tentunya tidak hanya sekedar obat-obatan, tetapi juga akan mendorong perilaku makan sehat dan berolahraga.

Kendati sudah berhati-hati dan menjaga gaya hidup sehat, penderita hipertensi juga wajib tahu bahwa tidak semua buah bisa dikonsumsi.

Ditambahkan dari NDTV, ada 3 buah yang baik untuk meregulasi atau mengatur tekanan darah agar tetap normal. Selain itu tiga buah tersebut dipercaya akan lebih baik dikonsumsi dalam bentuk jus agar lebih mudah terserap. 

Masih dari sumber yang sama, berikut 3 rekomendasi jus untuk penderita hipertensi.

1. Jus Delima

Jus delima dikemas dengan vitamin esensial dan kalium yang membantu memperlancar sirkulasi darah. 

Jus delima juga dikenal untuk melawan dan menghilangkan ACE (angiotensin converting enzyme) atau enzim yang mengeraskan pembuluh darah yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

2. Jus Cranberry 

Cranberry adalah buah yang padat nutrisi. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi menjadikannya asupan yang baik untuk hipertensi. Jus cranberry rendah kalori membantu melebarkan pembuluh darah dan sirkulasi darah yang baik.

3. Jus Jeruk

Jus menyegarkan ini dibuat menggunakan buah yang kaya vitamin C. Jeruk mengandung kalium, folat dan bioflavonoid yang membantu menjaga tingkat tekanan darah rendah, meningkatkan metabolisme dan membantu menjaga kesehatan jantung. (jp/raksul)

  • Bagikan