Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Tingkat Provinsi, KPU Sulsel Telah Plenokan 5 Daerah

  • Bagikan
Suasana Rapat Pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2024 tingkat Provinsi, yang digelar KPU Sulsel, di Hotel Claro Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sedikitnya sudah ada 14 Daerah atau Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat Kabupaten/Kota di Sulsel yang memfinalkan rekapitulasi hasil Pilpres 2024 dan Pemilu 2024.

Hasilnya diserahkan ke KPU Sulsel untuk dilakukan pleno tingkat Provinsi mulai sehak tanggal 3-10 Maret mendatang di Hotel Claro Makassar.

Adapun 14 Kabupaten/Kota yang telah menuntaskan rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota, yakni. Kabupaten Sidrap, Parepare, Bantaeng, Takalar, Selayar, Enrekang, Barru, Soppeng, Tana Toraja, Pinrang, Pangkep, dan Palopo, Luwu Utara, Wajo.

"Per hari ini tanggal 4 Maret, sudah ada 14 Kabupeten dan Kota selesai pleno di tingkat KPU masing-masing. Dan diserahkan ke KPU Sulsel," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel, Ahmad Adiwijaya, Senin (4/3/2024).

Dari 14 Kabupaten yang sudah menyerahkan hasil plano D-1. KPU Sulsel sudah membahas dan melakukan rekapitulasi terhadap 5 Kabupaten/kota.

Diantaranya, Kabupaten Sidrap, Takalar, Selayar, Enrekang dan Bantaeng. Hal ini terhitung sejak Minggu malam hingga Senin siang.

"Kami telah melaksanakan rekapitulasi terhadap 5 kabupaten/kota hingga siang ini dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.  Yaitu, KPU Kabupaten Sidrap, Takalar, Selayar, Enrekang dan Bantaeng," jelasnya.

Soal waktu, ia kembali menegaskan, Karena undang-undang no 7 tahun 2017 itu mengamanahkan khususnya pada pasal 413, pelaksanaan Rekapitulasi tingkat Provinsi itu berlangsung selama 25 hari.

Berarti berakhir di tanggal 10 Maret, pihaknya mempstikan Kabupaten/Kota ini akan masuk seluruhnya sebelum tanggal 10 Maret.

"Kami pun memastikan semua daerah di Sulsel telah selesai menyetorkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suaranya sebelum tangga 10 Maret ini," katanya. (Yadi/B)

  • Bagikan