Berikut 4 Nutrisi yang Tidak Boleh Anda Lewatkan Selama Berpuasa

  • Bagikan
Ilustrasi: Nutrisi

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Puasa bukan hanya sebatas kewajiban umat muslim. Tetapi juga memberikan berbagai manfaat bagi yang menjalankannya.

Dimata sains, puasa berfungsi untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan dan masih banyak lagi.

Meskipun puasa terbukti memberikan banyak manfaat, tak dapat dipungkiri tubuh Anda dapat berpotensi mengalami kehilangan nutrisi tertentu selama berpuasa.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk senantiasa memenuhi kebutuhan nutrisi penting selama jam makan Anda sebelum Anda berpuasa.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, Sabtu (9/3), secara khusus, ada empat kelompok nutrisi yang tidak boleh Anda lewatkan selama berpuasa:

1. Magnesium

Magnesium membantu menjaga fungsi neurologis utama dan memastikan bahwa sinyal yang disampaikan dari tubuh ke otak dan sebaliknya berjalan dengan baik.

Inilah alasan mengapa Magnesium sangat dibutuhkan saat Anda berpuasa. Nutrisi ini dapat memastikan puasa Anda selama berjam-jam tidak akan menguras tenaga.

Selain itu, dengan memenuhi kebutuhan Magnesium tubuh, dapat membuat Anda terhindar dari kram otot saat melakukan aktivitas fisik yang berat, terutama saat puasa.

2. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh, membangun tulang dan inti tubuh yang kuat. Sehingga, mencukupi asupan vitamin D saat puasa adalah suatu keharusan.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari ketika Anda berpuasa, pastikan Anda mengkonsumsi makanan kaya vitamin D sebelum berpuasa.

3. Zat besi

Zat besi adalah mineral penting yang membantu membangun RBC, mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh dan memastikan tubuh bekerja secara efisien.

Jika Anda kekurangan zat besi, maka tubuh Anda pasti merasa kesulitan saat menunaikan puasa. Otot dan jaringan tidak akan menyerap nutrisi dengan baik, Anda akan kekurangan energi dan rentan mengalami masalah imunitas atau pencernaan.

Indikasi tersebut akan meniadakan manfaat dari puasa itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cukup makanan kaya zat besi atau menambahkannya ke dalam makanan Anda.

4. Omega-3

Omega-3 adalah mineral lain yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak dan mata. Memenuhi asupan Omega-3 secara teratur ketika akan berpuasa, dapat membantu tubuh Anda menangkal risiko depresi, kecemasan serta penyakit jantung. (jp/raksul)

  • Bagikan