Maag Kambuh Saat Berpuasa? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Ilustrasi maag kambuh saat berpuasa

RAKYATSULSEL - Bagi sebagian orang, puasa bisa menjadi tantangan terkait kesehatan. Penderita gangguan lambung seperti maag contohnya, hal tersebut bisa mengganggu ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Saat berpuasa, perut dalam keadaan kosong selama kurang lebih 13 jam. Durasi yang panjang seperti itu bisa saja memicu kambuhnya penyakit maag.

Maag muncul adanya sejumlah gejala muncul akibat gangguan pada lambung. Ketika mengalami kondisi ini, seseorang dapat merasakan nyeri pada perut dan ulu hati, sering bersendawa, mengalami perut kembung, merasa mual, dan bisa juga muntah.

Kondisi seperti itu pastinya membuat penderita maag akan merasa tidak nyaman, terlebih lagi jika kambuh saat sedang berpuasa karena perut kosong dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

Adapun penyebab maag kambuh saat berpuasa sebagai berikut:

1. Perubahan Pola Makan

Puasa bisa menyebabkan perubahan pola makan yang drastis, termasuk penundaan waktu makan sehingga lambung harus menahan asam lambung lebih lama dari biasanya yang memicu iritasi pada lambung.

2. Konsumsi Makanan yang Salah

Selama sahur atau berbuka, banyak orang cenderung mengonsumsi makanan yang berlemak, pedas, asam, dan berminyak, hal ini bisa meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala maag.

  • Bagikan