Terbuat dari Kayu, Masjid Luar Negeri Ini Masih Berdiri Kokoh Meski Telah Berusia 300 Tahun!

  • Bagikan
Masjid Talok Manok di Thailand yang berusia lebih dari 300 tahun.

RAKYATSULSEL –Thailand memiliki bangunan masjid yang dipercaya berusia sekitar 300-an tahun. Bangunan tersebut terletak di salah satu provinsi di wilayah selatan Thailand.

Masjid berbahan baku kayu yang masih berdiri kokoh tersebut bernama, Masjid Telok Manok. Bangunan itu berada di sebuah desa muslim Melayu, yaitu Desa Telok Manok, Provinsi Narathiwat, Thailand.

Dikutip dari Masjid Info, Masjid Telok Manok dikenal dengan beragam nama. Di antaranya Masjid Taloh Manoh, Masjid Wadi Hussein, Talo Mano Mosque, Masajid Talomanoh, Masajid Vadialhussein, Vadilhusein Mosque, Masjid Wadi Al-Hussein, atau Al-Hussein Mosque.

Nama Masjid Telok Manok berasal dari nama desa tempat masjid itu berdiri. Sedangkan nama Al-Hussein diambil dari nama seorang ulama yang membangun masjid tersebut.

Konon katanya masjid itu dibangun seorang pendakwah Melayu bernama Wan Hussein Az Sanawi Al Fathani. Dikenal sebagai ulama yang menyebarkan agama Islam di kawasan wilayah selatan Thailand.

Para sejarawan sudah menyepakati bahwa Wadi Al Hussein merupakan ulama yang memiliki kontribusi penyebaran Islam di wilayah selatan Thailand. Hussein Az Sanawi diakui sebagai pendiri dan perenovasi Masjid Telok Manok.

Masyarakat mempercayai keberadaan ulama tersebut di wilayahnya. Namun, belum ada penelitian yang memastikan lebih jauh lagi.

  • Bagikan