4 Kecamatan Dapat Reward Pelaksana Musrenbang Kecamatan Terbaik di Bone, 3 Diantaranya Sekcamnya Alumni Kelurahan Biru

  • Bagikan
Piagam penghargaan (reward) Tim Penyelenggara Musrembang Kecamatan Terbaik dan Favorit.

BONE, RAKYATSULSEL - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musremnbang) kecamatan se Kabupaten Bone telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan dilanjutkan dengan Musrenbang RKPD Kabupaten Bone tahun 2025, di Novena Hotel Watampone, Kamis (28/03/2024), setelah sebelumnya diawali Musrenbang antar instansi atau gabungan OPD dalam Pemkab Bone.

Musrenbang RKPD Kabupaten Bone tahun 2025 yang dibuka Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin dan dipimpin oleh Pj. Bupati Bone, H. Andi Islamuddin berlangsung sangat khidmat.

Pada kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Bone tahun 2025 tersebut dibahas usulan skala prioritas setiap kecamatan berdasarkan rencana program kerja setiap OPD dengan mempertimbangkan kondisi anggaran.

Di akhir kegiatan, Pj. Bupati Bone mengumumkan dan memberikan reward kepada 4 kecamatan sebagai pelaksana Musrenbang terbaik dan favorit tingkat kecamatan yang dinilai oleh Tim Musrenbang Kabupaten Bone pada saat pelaksanaan Musrenbang Kecamatan 2025.

Adapun kecamatan mendapatkan reward yakni Kecamatan Tanete Riattang, Kecamatan Amali, dan Kecamatan Mare sebagai Tim Penyelenggara Musrenbang Kecamatan Terbaik, dan Kecamatan Ajangale sebagai Tim Penyelenggara Musrenbang Kecamatan Favorit.

Dari 4 kecamatan peraih reward tersebut, 3 kecamatan (Kecamatan Amali, Mare, dan Ajangale), Sekretaris Camatnya, berasal atau alumni dari satu kelurahan, yakni Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang.

Sekcam Ajangale, Asy'ari Pratama Hadipaty atau yang akrab disapa Ririn, menuturkan bahwa dirinya, Sekcam Amali, Asdi Sutriadi Sadar, dan Sekcam Mare Sainal Abidin berasal dari satu kelurahan yang sama yakni Kelurahan Biru dan ketiganya juga diangkat jadi lurah secara bersamaan pula pada 15 Januari 2021 dan diangkat atau dilantik jadi sekcam secara bersamaan pula pada 25 September 2023.

"Kami bertiga (Sekcam Amali dan Sekcam Mare) berasal dari satu kelurahan, sebelum kami diangkat menjadi lurah pada waktu yang sama. Saat itu, Kelurahan Biru dipimpin Puang Hasbi (Lurah Biru), pak Asdi Sutriadi Sadar merupakan Seklur, saya menjabat Kepala Seksi (Kasi Kesra) dan pak Sainal Abidin menjabat bendahara," Ririn.

"Pada saat ada mutasi (15 Januari 2021), saya menjadi Lurah Maccope Kecamatan Awangpone, Asdi menjadi Lurah Biru, dan Sainal menjadi Lurah Apala Kecamatan Barebbo. Kemudian mutasi 25 September 2023, kami diangkat jadi Sekretaris Camat," tambah Ririn sambil mengucapkan terima kasi kepada Andi Hasbi yang saat ini sudah pensiun.

"Luar biasa alumni Kelurahan Biru. Ini semua berkat bimbingan dan arahan Puang Hasbi saat kami masih di Kelurahan Biru. Puang Hasbi luar biasa mengkader," pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Sekcam Amali, Asdi Sutriadi Sadar. Bahkan Asdi mengemukakan bahwa alumni Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang, patut dibanggakan.

"Saya sepakat dengan perkataan saudara Ririn bahwa Puang Hasbi luar biasa membimbing dan mengkader. Awalnya, saya sempat bercanda saat pengumuman Tim Penyelenggara Musrembang Kecamatan Terbaik dan Favorit, apakah ini bukan secara kebetulan?. Dari 4 Kecamatan peraih reward Bupati Bone, 3 Sekcamnya berasal dari kelurahan yang sama," ujar Asdi.

Sementara itu, Sekcam Mare, Sainal Abidin mengucap syukur dan sama seperti sahabatnya rasa saudara (Ririn dan Asdi) menghaturkan terima kasih kepada mantan Lurah Biru, Andi Hasbi.

Selain itu, Sainal juga menuturkan bahwa dengan adanya dirinya diantara Sekcam Amali dan Sekcam Ajangale menandakan bahwa alumni non STPDN/APDN/IPDN juga mampu berbicara dalam bidang pemerintahan dan khususnya pelayanan.

"Tak bisa saya pungkiri bahwa alumni STPDN/APDN/IPDN adalah orang-orang hebat, apalagi dua adek saya (Sekcam Amali dan Sekcam Ajangale). Namun saya yang bukan alumni kampus berlatar belakang Ilmu Pemerintahan tersebut, memang berupaya untuk mengimbangi mereka (alumni STPDN/APDN/IPDN) untuk berkarya atau berbuat dalam berinovasi dan memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat," tutur Sainal. (Enal)

  • Bagikan