Menteri Pertanian Serahkan Bantuan Pupuk Senilai Rp54 Triliun di Mamuju

  • Bagikan
Mentan Andi Amran Sulaiman Serahkan Bantuan Pupuk Seharga Rp 54 Triliun di Mamuju (Foto;Sudirman/Rakyatsulsel)

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Kementerian Pertanian RI telah menyalurkan bantuan pupuk kepada para petani di seluruh Indonesia pada Kamis (28/3/24). Acara penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Acara tersebut dihadiri oleh anggota DPR RI Suhardi Duka, Sekretaris Provinsi Muhammad Idris, Danrem 142/Tatag, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulbar, Bupati Mamuju, serta perwakilan dari Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menyatakan bahwa penyerahan hari ini mewakili para petani di seluruh Indonesia, dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI atas dukungan yang diberikan.

"Hari ini kami telah menandatangani surat penambahan volume pupuk dari 4,7 juta ton menjadi 9,5 juta ton dengan nilai sebesar Rp 28 triliun," kata Andi Amran.

Bantuan pupuk ini telah disalurkan ke seluruh Indonesia, dimulai dari Kabupaten Mamuju. "Dengan demikian, para petani tidak perlu lagi khawatir. Melalui keputusan Rapat Koordinasi Nasional, kami sepakat bahwa bantuan ini tidak lagi berdasarkan harga pupuk, melainkan berdasarkan kebutuhan petani," tambahnya.

Andi Amran menegaskan bahwa ke depannya, ketersediaan pupuk dengan harga terjangkau tidak akan diragukan lagi, karena telah disepakati bahwa setiap tahun minimal akan disalurkan 9,5 juta ton pupuk dengan nilai total Rp 54 triliun.

"Ini adalah titik balik kebahagiaan bagi para petani. Bulan puasa ini merupakan bulan kebahagiaan bagi petani di seluruh Indonesia," ujarnya.

  • Bagikan