Berkat Inovasi PINTAR, Pengunjung Perpustakaan di Kota Makassar Meningkat

  • Bagikan
Pengunjung perpustakaan di Kota Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pengunjung perpustakaan di Kota Makassar periode Februari 2024 sebanyak 20.647 orang. Jumlah tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan dengan Januari 2023 yang lalu sebesar 16.563 orang. 

Namun, terkhusus untuk perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar mencatat pengunjung selama bulan Februari  2024  sebanyak 49.498. Di mana mengalami lonjakan sebanyak 16 persen dari bulan Januari 2024. 

Lonjakan pengunjung di perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar ini, dipicu oleh inovasi PINTAR (Platform Informasi Perpustakaan Aktual dan Real Time) sebuah sistem yang menyajikan data aktual dan real-time dari perpustakaan binaan.

Inovasi PINTAR ini diluncurkan oleb Dinas Perpustakaan Kota Makassar di awal tahun 2024. 

Inovasi ini dirancang untuk menghimpun data perpustakaan di Kota Makassar secara real time sehingga data akurat mudah diperoleh, diolah dan disajikan untuk bahan perencanaan dan pengembangan perpustakaan.

Selain itu, inovasi ini dapat memantau dan mengontrol aktivitas perpustakaan binaan, juga menjadi data bersama atau satu data perpustakaan bagi tenaga perpustakaan di Kota Makassar.

Setiap tenaga perpustakaan diberikan akses untuk menginput data perpustakaannya ke link drive yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar. 

  • Bagikan