Polda Sulsel Panggil Dua Kampus di Makassar Untuk Klarifikasi Kasus TPPO Modus Magang ke Jerman

  • Bagikan
Dirkrimum Polda Sulsel, Kombes Pol Jamaluddin Farti.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Polda Sulsel melalui Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) terus mendalami kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang diduga terjadi dalam lingkungan perguruan tinggi negeri dan swasta, dengan modus program mahasiswa magang atau ferien job ke Jerman.

Dirkrimum Polda Sulsel, Kombes Pol Jamaluddin Farti mengatakan, saat ini pihaknya telah meminta klarifikasi perguruan tinggi dan mahasiswa terkait program ini. 

Mengingat Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebelumnya menyebut ada 41 perguruan tinggi di Indonesia pernah mengikuti program ferien job ke Jerman, pada tahun 2023. 

Dari 41 perguruan tinggi itu, ada tujuh di Makassar yang disebut ikut program ferien job yakni, Universitas Hasanudin (Unhas), Universitas Negeri Makassa (UNM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. 

Untuk perguruan tinggi swasta diantaranya Universitas Indonesia Timur (UIT) Universitas Fajar (Unifa), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus.

"Sudah ada yang kami klarifikasi dari beberapa kampus dan mahasiswa yang sudah pulang," kata Jamaluddin di Mapolda Sulsel, Senin (1/4/2024).

  • Bagikan