7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya!

  • Bagikan
Ilustrasi: Petai

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Petai atau pete merupakan makanan yang tergolong ke dalam jenis polong-polongan. Petai seringkali dihindari banyak orang karena baunya yang sangat menyengat.

Meski punya bau yang tidak sedap, petai ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Hello Sehat dan Alodokter, Selasa (16/4), petai setidaknya memiliki tujuh manfaat bagi tubuh. Apa saja?

1. Membantu Mengontrol Gula Darah

Petai memiliki kandungan antioksidan serta mengandung serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol.

Kandungan-kandungan tersebut mampu membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Petai merupakan makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Makanan yang kaya akan serat dapat membantu mencegah penyakit pencernaan seperti sembelit.

Kandungan serat yang tinggi pada petai juga dapat membantu melunakkan feses serta membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Petai juga kaya akan kandungan kalium. Kalium merupakan sejenis mineral yang mampu menjaga tekanan darah serta menjaga denyut jantung agar tetap stabil.

4. Memberi Efek Menenangkan

Fakta dan manfaat lainnya dari petai yakni kemampuan untuk memberikan efek menenangkan bagi tubuh. Kandungan triptofan pada petai mampu membantu menangani masalah seperti insomnia, gangguan kecemasan, hingga perubahan emosi yang drastis.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Menangkal Radikal Bebas

Petai juga mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menunjang sistem imun tubuh. Kandungan vitamin C serta kandungan antioksidan pada petai juga dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas sehingga mencegah risiko terkena penyakit kardiovaskular.

6. Mencegah Anemia

Petai juga banyak mengandung zat besi. Pada 100 gram petai, kandungan zat besinya bisa mencapai sekitar 1,6 gram. Zat besi sendiri merupakan mineral penting yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah sehingga mampu mencegah kondisi kekurangan darah (anemia).

7. Menjaga Kesehatan Mata

Petai juga merupakan salah satu sumber vitamin A. Vitamin A berperan menjaga fungsi retina dan mampu mengurangi risiko rabun senja. Vitamin A juga dapat meningkatkan kualitas air mata serta mencegah gejala mata kering.

Catatan dalam Mengonsumsi Petai

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terdapat sejumlah risiko kesehatan apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi petai.

Kandungan asam amino pada petai dapat mengganggu kerja ginjal. Selain itu, penderita asam urat juga disarankan untuk tidak mengonsumsi petai dalam jumlah banyak karena makanan ini juga tinggi akan kandungan purin. (jp/raksul)

  • Bagikan