Rutan Pinrang Gelar Penyuluhan Kesehatan, Bahas Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ke Warga Binaan

  • Bagikan
Penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada seluruh Narapidana, Tahanan dan Anak Didik Pemasyarakatan di Lingkungan Rutan Pinrang, Rabu (17/4/2024).

PINRANG, RAKYATSULSEL - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang (Rutan) Kanwil Kemenkumham Sulsel gelar penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada seluruh Narapidana, Tahanan dan Anak Didik Pemasyarakatan di Lingkungan Rutan Pinrang, Rabu (17/4/2024).

Kegiatan ini sebagai rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024 yang serentak dilakukan oleh Seluruh Satker Lapas dan Rutan di Indonesia.

Hj. Sri Wahyudiningsih selaku penanggung jawab kegiatan juga Perawat Rutan Pinrang, menuturkan, penyuluhan ini menghadirkan Narasumber dari Puskesmas Mattiro Bulu, Misba, SKM., M.Kes. selaku Pemegang Program Promosi Kesehatan Puskesmas Mattiro Bulu.

"Kegiatan ini penting untuk dilakukan agar Warga Binaan dapat hidup lebih sehat dan bersih, menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan membiasakan pola hidup yang sehat," ungkapkanya.

Sementara itu, Misba selaku narasumber menyampaikan terkait pengertian PHBS, tujuan PHBS, dan indikator PHBS seperti penggunaan air bersih, jamban, CTPS, pemberantasan jentik, beraktivitas fisik, tidak merokok dan makan sayur buah.

"PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat," jelas Misba.

Lebih lanjut, Misba juga sampaikan tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

Kepala Rutan Pinrang Kanwil Kemenkumham Sulsel, Sahril Efendi DM sangat mengapresiasi kegiatan ini, mengingat pentingnya menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

"Kegiatan ini tentu kami anggap penting, Warga Binaan harus diedukasi tentang PHBS agar kehidupannya di dalam Rutan dapat lebih sehat dan bersih, apalagi mereka hidup dalam berkelompok, harus punya kesadaran bersama untuk tetap menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan menjalankan pola hidup sehat," pungkas Sahril, Karutan Pinrang. (Amran)

  • Bagikan