Karakteristik Kepribadian MBTI: Membongkar 7 Kepribadian Brilian

  • Bagikan
Ilustrasi Kepribadian MBTI

RAKYATSULSEL - Tipe kepribadian yang diinisiasi oleh Myers-Briggs memang sangatlah unik. Masing-masing tipe kepribadian memiliki cirinya masing-masing.

Mulai dari cara berpikir, bersikap maupun cara berperilaku. Rupanya hal tersebut telah dirumuskan dengan menggunakan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Berdasarkan laman So Syncd yang dikutip oleh JawaPos.com (19/4) telah mengurutkan tipe kepribadian MBTI berdasarkan tipe kepribadian yang paling cerdas.

Tipe kepribadian ini juga menampilkan sosok orang yang paling berpengaruh untuk dunia keilmuan.

Berikut ini tujuh urutan tipe kepribadian MBTI yang paling cerdas, diyakini bahwa urutan pertama dimiliki oleh sosok sains terkemuka pemenang nobel, simak berikut:

  1. INTP

INTP merupakan pemenang tipe kepribadian paling cerdas. Mereka sangat analitis dan logis, dan mereka selalu mencari cara baru untuk meningkatkan sistem dan memecahkan masalah.

INTP pandai menemukan pola dan koneksi yang mungkin tidak dilihat orang lain, dan mereka menggunakan pengetahuannya untuk menghasilkan solusi kreatif. Penasaran dan ingin tahu.

Sosok yang memiliki tipe kepribadian INTP ini adalah Albert Einstein dan Marie Curie adalah dua contoh INTP luar biasa yang memenangkan Hadiah Nobel atas karya mereka di bidang sains.

  1. INTJ

INTJ adalah individu yang percaya diri dan mandiri serta tidak takut mempertanyakan otoritas atau menentang status quo.

Mereka sering dianggap sebagai “arsitek” dunia kepribadian karena kemampuan mereka melihat gambaran besar dan membuat rencana jangka panjang.

INTJ biasanya berprestasi tinggi dan sering kali berhasil dalam bidang yang memerlukan pemikiran strategis dan kreativitas.

Sosok yang memiliki tipe kepribadian INTJ yaitu Nikola Tesla dan Stephen Hawking.

  1. ISTJ

ISTJ adalah tipe kepribadian paling cerdas ketiga. Mereka adalah individu yang bijaksana, rendah hati, sangat logis dan praktis.

Mereka pekerja keras dan biasanya banyak membaca, dan mereka menggunakan pengetahuan mereka untuk memecahkan masalah dengan cara yang sistematis.

ISTJ sabar dan berorientasi pada detail, dan mereka berkembang dalam lingkungan yang memerlukan organisasi dan struktur.

Mereka sering unggul dalam bidang-bidang seperti akuntansi, teknik, dan hukum. Sosok yang memiliki tipe kepribadian ISTJ yakni Jeff Bezos dan Warren Buffet.

  1. ENTJ

ENTJ seringkali sukses dalam bisnis dan politik, dan mereka sangat baik dalam mengelola proyek yang kompleks.

Mereka mendambakan kekuasaan dan memiliki kecerdasan alami yang memungkinkan mereka memahami dan memecahkan masalah dengan cepat.

ENTJ biasanya ekstrover dan ramah, dan mereka senang menjadi sorotan. Steve Jobs, mendiang salah satu pendiri dan CEO Apple, adalah seorang ENTJ cerdas yang selalu melihat gambaran yang lebih besar.

  1. INFJ

INFJ kreatif dan inovatif, dan mereka memiliki intuisi yang kuat. Mereka seringkali unggul dalam bidang yang membutuhkan kreativitas dan imajinasi, seperti menulis, seni, dan musik.

JK Rowling , penulis serial Harry Potter merupakan INFJ terkenal yang menggunakan pemikiran orisinalnya untuk menulis salah satu seri buku paling populer sepanjang masa.

  1. ENTP

ENTP sering kali unggul dalam bidang yang membutuhkan pemikiran cepat dan kreativitas, seperti kewirausahaan, pemasaran, dan penjualan. Mereka penasaran dan mencari pengetahuan dan pemahaman.

ENTP juga sangat menarik dan persuasif, dan mereka suka memperdebatkan semua sisi suatu masalah. ENTP yang cerdas dan kreatif termasuk Volodymyr Zelenskyy dan Martin Scorsese.

  1. ESTP

ESTP pada dasarnya adalah pengambil risiko dan selalu mencari tantangan baru. Hal ini menjadikan mereka wirausaha dan tenaga penjualan yang hebat.

Mereka tahu persis bagaimana memikat dan membujuk orang lain, dan mereka sering kali mencari peluang baru untuk menghasilkan uang.

ESTP berkembang pesat di lingkungan yang bergerak cepat dan selalu bergerak. Mereka adalah pemecah masalah yang hebat dan selalu mampu berpikir jernih. George W. Bush adalah contoh ESTP yang cerdas dan berpikiran cepat. (jp/raksul)

  • Bagikan