Rahasia Percakapan Menarik Ala Orang Cerdas

  • Bagikan
Ilustrasi Kecerdasan

RAKYATSULSEL - Saat Anda pergi ke acara sosial, prioritas pertama Anda adalah mengalihkan perhatian dari diri Anda sendiri dan menaruhnya tepat pada orang lain yang duduk atau berdiri di hadapan Anda.

Anda bisa memulainya dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dan lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Dan tentu saja, selalu sadar untuk memiliki bahasa tubuh yang terbuka dan positif. Cobalah 6 taktik yang dikutip dari inc.com, Jumat (19/4), berikut ini agar Anda tetap bisa melakukan percakapan yang luar biasa.

  1. Menjadi benar-benar tertarik pada orang lain

Psikolog Universitas George Mason Todd Kashdan, penulis Curious, bertekad bahwa tertarik pada orang lain adalah lebih penting daripada menarik diri sendiri.

"Itulah rahasia sebuah hubungan," kata Kashdan. Jadi, apa pun yang Anda lakukan, bicaralah berdasarkan kepentingan orang lain. Anda akan terkejut dengan hasilnya.

  1. Tunjukkan senyum dan keramahtamahan

Menurut Psychology Today, penelitian telah menetapkan bahwa tersenyum dapat membuat kita tampil lebih menarik di mata orang lain. Hal ini juga meningkatkan suasana hati kita serta suasana hati orang-orang di sekitar kita.

Kebanyakan dari kita tidak sepenuhnya menyadari kapan kita tidak tersenyum. Jadi, alangkah baiknya jika mulai hari ini jadikanlah tersenyum sebagai sebuah kebiasaan.

  1. Berikan bantuan lima menit

Memberikan bantuan lima menit berarti memberikan suatu tindakan tanpa meminta imbalan apa pun dari orang yang Anda tawarkan bantuan.

Contoh bantuan lima menit termasuk berbagi pengetahuan, berkenalan, menyampaikan informasi, produk, layanan, atau merekomendasikan seseorang di LinkedIn, Yelp, atau tempat sosial lainnya.

  1. Dengarkan lebih banyak, dan sedikit berbicara

Ingin menciptakan kesan pertama yang luar biasa? Biarkan orang lain berbicara tanpa interupsi. Ya, yang dimaksud disini adalah menunggu hingga orang lain menyelesaikan kalimatnya, baru kita bisa meresponnya.

Saat Anda mendengarkan secara aktif, orang lain akan tertarik kepada Anda dengan minat yang sama atau lebih besar. Jadi, berikanlah perhatian penuh kepada orang lain. Cobalah sampaikan isyaratkan bahwa, "Saya tertarik dengan apa yang Anda katakan."

  1. Buatlah orang lain merasa penting--dan lakukan dengan tulus

Percakapan terbaik dengan seseorang yang baru Anda temui dimulai dengan keinginan untuk mengetahui tentang orang tersebut. Misalnya, tentang apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukannya, dan mengapa mereka melakukannya.

Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dengan ingin belajar dari seseorang (bahkan seseorang yang lebih muda dan kurang berpengalaman dari Anda), Anda akan langsung mendapatkan kesan pertama yang positif.

  1. Ceritakan kisah yang bagus

Setelah Anda berhasil memikat orang yang Anda ajak bicara, mereka mungkin ingin tahu tentang Anda, jadi giliran Anda untuk bersinar. Daripada membuat mereka bosan dengan pekerjaan atau istilah yang berhubungan dengan bisnis, ada baiknya Anda menawarkan beberapa cerita yang menarik untuk menjaga momentum tetap berjalan.

Miliki cerita yang dapat Anda bagikan yang telah diuji dengan audiens sebelumnya dan terbukti lucu, menghibur, informatif, atau menarik. Scott Adams, penulis How to Fail at Almost Everything and Still Win Big: Kind of the Story of My Life, menyarankan untuk fokus pada cerita tentang orang lain daripada benda, karena kebanyakan dari kita menganggap perilaku manusia menarik. (jp/raksul)

  • Bagikan