Berharap Nomor Hoki

  • Bagikan
Karikatur.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Para kandidat kepala daerah berharap mendapat angka hoki saat pengundian nomor urut. Tak hanya sarat makna, nomor urut ini diharap bisa membawa keberuntungan di Pilkada.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan akan menggelar pencabutan nomor urut, Senin (23/9/2024) hari ini. Para kandidat tentu berharap angka hoki agar memudahkan timnya melakukan sosialisasi.

Calon Gubernur Sulsel Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto misalnya. Baginya semua nomor sama, yang penting menang. "Tidak milih-milah, pokoknya bagi kami nomor apa saja yang penting menang. Kan di Pilgub hanya nomor 01 dan 02," kata Danny, kepada wartawan Harian Rakyat Sulsel, Minggu (22/9/2024).

Kendati demikian, Danny mengaku mendapat nasib baik karena selama bertarung tiga kali di Pilwali selalu mendapat nomor urut yang membawa kemenangan.

Dimana kata Danny, pada Pilwali 2013 mendapat nomor 08 dan meraih kemenangan. Kemudian tahun 2018 dimana terjadi calon tunggal Appi-Cicu mendapat 01 dan kolom kosong mendapat nomor 02. Saat itu kolom kosong menang.

Kemudian pada hajatan terakhir Pilwali 2020, dirinya kala itu berpasangan dengan Fatmawati Rusdi mendapat nomor urut 01. Dan diberikan kemenangan.

"Jadi, saya syukuri. Sudah 3 kali bertarung selalu menang. Jadi, nomor mana saja asal saya dan pak Azhar menang di Pilgub Sulsel 2024," jelas wali Kota berlatar arsitek itu.

Juru Bicara paslon Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), Ramli Rahim, mengatakan pihaknya menilai nomor urut semuanya baik. Tidak ada nomor urut keberuntungan maupun nomor urut sial.

"Kalau nomor urut kami anggap semuanya baik, nomor urut hanya sebatas simbol saja, kami fokus bagaimana pasangan Andalan Hati ini bisa menjadi pemenang," katanya.

Dirinya menyebutkan jika pasangan Andalan Hati saat ini fokus bekerja dan konsolidasi pemenangan tim. "Setelah KPU menetapkan pasangan calon, kami fokus bekerja untuk mengantarkan Andi Sudirman dan Fatmawati menjadi pemenang di Pilgub," singkatnya.

Calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin menyampaikan bahwa dirinya berharap mendapat nomor urut terbaik saat pengundian. Bersama Aliyah Mustika, dirinya optimis bisa memenangkan Pilwali Makassar 2024 yang akan diikuti empat pasangan calon.

"Pada intinya target kami menang di Pilwali Makassar 2024. Jadi, nomor urut yang bisa membawa keberuntungan," kata Appi.

Diketahu pada Pilwali 2018, Appi-Cicu memperoleh nomor urut 01, namun belum beruntung karena kalah dari kolom kosong yang kabarnya diinisiasi Danny Pomanto saat itu.

Kemudian pada Pilwali 2020, Appi-Rahman Bando mendapat nomor 02. Hanya saja lagi-lagi takdir belum berpihak pada Appi sehingga mengalami kekalahan.

"Maka kami berharap bahwa Pilwali Makassar 2024 ini menjadi sejarah baru untuk MULIA meraih kemenangan. Jadi, nomor kami harap bisa membawa hal baik," harapnya.

  • Bagikan