Pasca Gempa dan Tsunami 2018, Komisi V Tinjau Pembangunan di Sulteng

  • Bagikan

PALU, RAKYATSULSEL - Tim Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Sulawesi Tengah (Sulteng) guna melihat secara langsung rehabilitasi dan konstruksi pembangunan Pelabuhan Donggala serta rehabilitasi Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu.

Dimana pasca gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada tahun 2018 lalu mengakibatkan banyak fasilitas umum rusak.

“Komisi V DPR RI ingin mengetahui dan menginventarisir permasalahan dan kebutuhan dalam pembangunan infrastruktur di Sulawesi Tengah utamanya terkait infrastruktur bidang perhubungan, khususnya pembangunan Pelabuhan Donggala serta rehabilitasi dan rekonstruksi Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu. Hasil dari rapat ini kami dari komisi V akan membawanya ke Jakarta sebagai bahan rapat kami serta rapat bersama Kementerian Perhubungan udara maupun laut mendatang,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat memimpin kunjungan kerja spesifik di Palu, Sulteng, Kamis (16/6/2022).

Pertemuan ini membahas permasalahan pembangunan infrastruktur di Sulteng, secara khusus pembangunan Pelabuhan Donggala serta rehabilitasi dan rekonstruksi Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu yang merupakan proyek pembangunan nasional. “Komisi V DPR RI ingin meninjau secara langsung sampai mana proses dari proyek pembangunan pelabuhan Donggala dan rekonstruksi Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu yang terdampak bencana alam pada tahun 2018 silam,” kata Andi Iwan.

Komisi V DPR RI menginginkan bahwa upaya penanganan pasca bencana alam khususnya di wilayah Sulteng terkait pembangunan infrastruktur segera dilaksanakan dan selesaikan secepatnya agar supaya masyarakat kita dapat menggunakan fasilitas tersebut dan memberikan layanan yang maksimal. "Kami peringatkan untuk pembangunan rekonstruksi pasca gempa dan tsunami di Palu harus memperhatikan aspek kekuatan dan konstruksi yang tahan gempa," harap Andi Iwan.

Adapun sebanyak 8 Anggota Komisi V DPR RI yang diketuai Andi Iwan Darmawan Aras, melakukan kunjungan kerja spesifik masa persidangan V tahun 2021-2022. Rombongan secara resmi diterima  Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, Rohani Mastura, bertempat di Kantor Administratif Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri. Komisi V DPR RI yang turut hadir  Harvey B Malaihollo, H. Irmadi Lubis, Sarce Bandaso Tandiasik, Anang Susanto, Eddy Santana Putra, Sofyan Ali, dan Wilem Wandik.

Pada kesempatan itu hadir pula perwakilan Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut, Direktur Kepelabuhanan, Direktur Keamanan Penerbangan, Kepala Bandara, Kepala Pusat Metrologi Penerbangan BMKG, Kepala Stasiun Metrologi Mutiara, Direktur Operasi Basarnas, Staf Ahli Gubernur, Anggota DPRD Provinsi Sulteng, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng serta pejabat terkait lain. (*)

  • Bagikan