Kepala Kejaksaan Negeri Rembang Pulang Kampung Raih Gelar Doktor

  • Bagikan
Kepala Kejaksaan Negeri Rembang, Syahrul Juaksha Subuki, mengikuti ujian promosi doktor di Fakultas Hukum, Unhas, Jumat (17/6/2022)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Kejaksaan Negeri Rembang, Jawa Tengah, Syahrul Juaksha Subuki meraih gelar doktor di Universitas Hasanuddin. Predikat itu diperoleh seusai mengikuti ujian promosi terbuka disertasi berjudul "Pertanggungjawaban Hukum Orangtua Terhadap Akibat Tindak Pidana oleh Anak yang Belum Berusia 12 Tahun" di ruang promosi Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin, Jumat (17/6/2022).

Tak hanya itu saja pria kelahiran Ujung Pandang ini diyudisium dan lulus dengan predikat cumlaude dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00. Syahrul menjalani masa studi selama 2 tahun 9 bulan.

Syahrul mengikuti program doktor melalui jalur bea siswa dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung angkatan ke-3 pada 2019. Di juga merupakan ketua kelas bersama 16 orang jaksa lainnya di kelas D.

Syahrul tak hanya berprestasi dalam hal pendidikan akademik saja, dia juga memiliki sejumlah prestasi dalam pekerjaan yang kini ditekuninya sebagai seorang Jaksa di Kejaksaan RI.

Tak heran jika Syahrul memiliki segudang pengalaman dan prestasi serta dedikasi yang tinggi, dalam menjalankan profesi dan tanggungjawabnya sebagai penegak hukum.

Dalam karirnya di Kejaksaan, Syahrul Juaksha pertama bertugas sebagai staf tata usaha Intelijen di Kejjaksaan Negeri Bantaeng, selanjutnya staf di Kejati Sulsel, lalu kembali lagi ke Kejari Bantaeng sebagai Kepala Sub Seksi Produksi dan Sarana Intelijen.

Selanjutnya, sejumlah posisi penting kerap diemban Syahrul seperti sebagai jaksa fungsional tindak pidana umum di Kejaksaan Agung, jaksa fungsional di Kejaksaan Negeri Depok, Kasubsi Penuntutan di Kejari Depok, Kepala Seksi Intelijen di Kejari Sinjai, Kepala Seksi Pidana Umum di Kejari Bulukumba, dan Kepala Seksi Intelijen di Kejaksaan Negeri Makassar.

Dari Kejari Makassar, karier Syahrul lalu menanjak sebagai Kepala Seksi Penuntutan di Kejati Sulsel, Kepala Seksi Penyidikan Pidana Khusus di Kejati Sulsel, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Lainnya (TPUL) di Kejati Sulawesi Tenggara, koordinator jaksa di Kejati Jambi.

Hanya sekitar setahun jadi koordinator, Syahrul lalu diangkat menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Dairi di Sumatera Utara. Saat ini, Syahrul menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Rembang, Jawa Tengah. (*)

  • Bagikan