Brotherhood1% Celebes Touring ke Toraja

  • Bagikan

Pencinta Moge Klasik Ingin Perkenalkan Budaya Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komunitas pehobi motor gede (moge) klasik, bikers Brotherhood1% Celebes yang juga merupakan bagian dari Brotherhood1% MC Indonesia touring ke Tanah Toraja, Sulawesi Selatan.

Perjalanan panjang ini dilaksanakan sebagaimana ritual anggota Brotherhood dalam memperkokoh rasa persaudaraannya.

M Iqbal Fachrudin, perintis Brotherhood1% Celebes menjelaskan, mandatory ini mengusung tagline Appase’re. Appase’re sendiri dalam bahasa Bugis-Makassar artinya menyatukan, dan ini disebut sangat cocok dengan kekeluargaan Brotherhood1% MC Indonesia.

"Biasanya pada saat kami melakukan mandatory bukan sekedar naik motor, tapi ada suatu bentuk kegiatan yang juga harus diketahui publik. Jadi kami bukan gang, tapi club dengan benteng pertahanan terakhir adalah persaudaraan, dan implementasi dari program-program kami bisa disebut dalam lima bentuk, brotherhood for kids, brotherhood for nicer, brotherhood discaster, brotherhood for feat, brotherhood kalcer," kata Iqbal.

"Kemarin itu teman-teman kami dari Kalimantan (Brotherhood1% Borneo), Jawa Barat pergi berkunjung ke Tanah Toraja, pergi melihat sesuatu bentuk culture yang ada di Indonesia, dan itu sangat menarik. Kita mau memperkenalkan Indonesia dengan berbagai cara, dan kami dengan caranya kami melalui lima bentuk itu dan terangkum dalam suatu tagline Berbakti Untuk Negeri," sambungnya.

Saat berkunjung ke Tanah Toraja, Brotherhood1% Celebes juga melaksanakan sejumlah kegiatan sosial yakni penanaman bibit pohon bekerjasama dengan Bank Panin. Dalam pelaksanaannya, Iqbal mengatakan aksinya sangat didukung dan disambut oleh masyarakat setempat.

Komunitas ini disebut selain untuk otomotif dan touring juga banyak hal yang dilakukan mulai dari sosial, budaya, pendidikan, serta berperan dalam eksplorasi potensi wisata daerah dan nasional.

"Keluarga kami disambut baik oleh masyarakat, khusunya mereka yang punya latar belakang otomotif," sebutnya.

Lebih jauh, Iqbal menjelaskan, khusus Brotherhood1% Celebes kemungkinan akan dideklarasikan menjadi Chapter tahun depan. Saat ini anggotanya sudah mencapai 26 orang, Life Member 2 orang, Virgin 8 orang, dan Prospect 16 orang.

Untuk menjadi anggota, syarat utamanya adalah harus memiliki motor tua produksi Eropa, Amerika, Italia, dan Jerman di bawah tahun 2000an dengan bobot harus 400cc. Termasuk harus custom agar berkarakter.

"Sekarang sudah boleh juga motor Jepang tapi di bawah tahun 2000 dan harus 400cc dan harus custom. Kenapa motor tua karena dalam perjalan kita ada cerita. Tujuan itu hanya tempat, yang menarik itu adalah perjalannya. Semua motor klasik karena kalau ada teman mogok, kita tungguin dan bantuin, ini juga untuk memupuk solidaritas," sebutnya.

Adapun di Brotherhood1% terdapat hirarki, mulai dari Prospect sebagai tahap awal untuk memasuki keluarga ini, setelah itu menuju Virgin, namun dalam perjalanannya mereka akan diawasi sebuah lembaga pengawas yang disebut vigilante.

Mereka inilah yang memantau semua Prospect, apakah tindak tanduknya anggota itu sesuai dengan aturan yang ada organisasi. (Isk)

  • Bagikan