Lirik Potensi Sagu, Dinas Perindustrian Sulsel Gelar Bimtek di Palopo

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Dalam rangka pelaksanaan program pertumbuhan dan pengembangan industri kecil, menengah aneka (PPIKMA) tahun 2022, Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Kota Palopo melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) diversifikasi produk olahan Sagu bagi IKM se Kota Palopo.

Kegiatan Bimtek tersebut, dilaksanakan di room Hotel Harapan Kota Palopo, Rabu (13/7). Kegiatan itu direncanakan berlangsung selama 3 hari.

Walikota Palopo, diwakili Ilham Hamid,SE.MM Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Palopo didepan para peserta IKM yang hadir sekitar 25 peserta.

"Kegiatan bimbingan teknik ini diadakan Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama Dinas Perindustrian Kota Palopo,saya mewakili bapak Walikota Palopo sangat mengapresiasi kegiatan untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UKM di Kota Palopo," kata Ilham Hamid.

Ilham menambahkan, bahwa potensi olahan Sagu jika dikelolah secara profesional, akan berdampak pada sektor pelaku usaha.

"Kita ketahui Kota Palopo banyak Sagu. Jika dikelolah baik dalam bentuk olahan kue. Bahkan kosmetik bisa menjadi nilai jual di pangsa pasar Nasional. Tak menutup kemungkinan bisa diekspor," tambahnya.

Ditempat yang sama melalui, Sekertaris Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan, Ir.Adellaidah S Toreh menjelaskan.

"Kegiatan Bimtek ini digelar bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Kota Palopo, kita melihat potensi apa yang didaerah. Untuk Kota Palopo sendiri kita kenal dengan produk Sagu, dikembangkan melalui para pelaku usaha akan berdampak peningkatan ekonomi para pelaku," ungkap Adellaidah

Adapun anggaran, menurutnya akan bantuan dari Pemprov Sulsel. "Untuk kegiatan bimtek kepada para pelaku usaha, pihak Pemprov Sulsel sudah ada program di 24 kabupaten dan kota. Adapun bantuan akan digelontorkan pada anggaran 2023 nantinya," ucapnya.

Eva Lismawati salahsatu peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut. "Saya selaku pelaku usaha jual kue, sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Apalagi pesertanya kompak dan para pematerinya," terangnya. (Jaya)

  • Bagikan