HUT ke-24, PAN Sulsel Target Jadi TerdePAN di Pemilu 2024

  • Bagikan
Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Amanat Nasional (PAN) akan berulang tahun ke-24, tanggal 23 Agustus besok (hari ini). Momentum ini tentu akan dimanfaatkan untuk menjaga asa menjadi partai nomor satu di Sulsel.

Pada Pileg 2019 lalu, PAN secara nasional memperoleh suara 9.572.623 (6,84%) mendapat 44 kursi di DPR RI. Sementara di Sulsel, PAN meraih 418.440 suara.

Pileg 2024 mendatang yang tahapannya mulai berjalan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi PAN jika menjadi partai nomor satu di Sulsel.

Apa saja yang akan dilakukan? apa yang perlu dibenahi? bagaimana kesiapan PAN, termasuk komposisi caleg tiap daerah? target pemilu 2024 ?

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi mengatakan, sesuai arahan DPP PAN. Maka PAN Sulsel memiliki target yang tinggi untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Diharapkan dengan milad ini bisa mempersatukan impian mendapatkan suara terbanyak juga terdepan di pemilu 2024" ujarnya, Senin (22/8/2022).

Anggota DPR RI itu berharap, di usia 24 tahun menunjukkan bahwa PAN mampu bertahan di tengah dinamika sosial politik yang terus berkembang.

Menurutnya, PAN adalah partai yang lahir dari rahim reformasi. PAN berdiri karena punya mimpi tentang Indonesia. Iapunya harapan Indonesia yang lebih baik.

"PAN tidak akan pernah berpuas diri, selama tujuan kemerdekaan belum tercapai. PAN lahir dengan sebuah mimpi mewujudkan Indonesia yang demokratis, Indonesia yang maju dan sejahtera," kata dia.

Ditambahakan, saat ini, Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan, antara lain, ancaman disintegrasi bangsa akibat perbedaan politik yang dibalut dengan politik identitas SARA.

"PAN tidak ingin itu terjadi. Makanya salah satu ikhtiar PAN, dengan mendorong Pilpres 2024 tidak hanya diikuti dua pasang kandidat. Harus ada 3-4 pasang Capres," terangnya.

Yang perlu dilakukan adalah konsolidasi dan soliditas kader untuk menang di pemilu 2024. Sedangkan, tantangan lain, soal kesejahteraan.

PAN sadar, demokrasi harus berujung pada kesejahteraan rakyat.Untuk apa kita habiskan uang banyak hanya untuk gonta-ganti Presiden dan Legislator, jika rakyat tak merasakan dampaknya.

"Makanya, ketika diminta gabung ke cabinet, kami minta kementerian yang banyak bersentuhan langsung dengan hajat hidup orang banyak," tututnya.

Dia juga berpandangan Presiden Jokowi mengamanhkan ketum Zulkifli Hasan jadi Menteri Perdagangan, meski baru menjabat, tapi harga minyak goreng sudah terkendali.

"Itu contoh kecil, bagaimana kontribusi PAN di usia 24 tahun. Tentu di berbagai daerah, kami juga punya Kepala Daerah, yang sedang berikhtiar mewujudkan mimpi kemerdekaan," kata dia.

Mantam wakil ketua DPRD Sulsel itu menyebutkan, sesuai target DPP PAN bahwa partainya maju ke Pemilu 2024. Dia menargetkan partainya bisa mendapatkan 64 kursi.

"Target DPP PAN, bahwa diupayakan untuk mendapatkan lebih dari 10 persen perolehan suara. Jadi, kalau dihitung sekitar 64 kursi di DPR RI," tuturnya.

Atas target tersebut, dia meminta anggotanya mempersiapkan administrasi yang lengkap. Tujuannya, kata dia, agar anggota PAN bisa memenuhi persyaratan pemilu dan maju menjadi peserta.

"Soal siapa saja kader PAN yang akan maju di DPR RI 2024. Para petahana juga ada figur baru," jelasnya.

Dia pun mengatakan jika tahun 2024 sudah tidak jauh lagi. Diapun mengajak ibarat orang lari untuk tak lagi lari ditempat. Harus mulai melaju meskipun tidak langsung berlari kencang.

Sebelumnya, Ahsabul Kahfi menargetkan PAN bisa masuk lima besar dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 tingkat provinsi.

"Fokus legislatif, untuk tingkat provinsi bisa masuk 5 besar. Ini kita terus kekar sebagai target," ucapnya, belum lama ini.

Sementara untuk tingkat kabupaten / kota, Ashabul bisa menang Pileg. Meski begitu ia tidak mematok jumlah kursi yang musti diperoleh saat Pileg nanti

"Yang penting menang Pileg. Kan percuma saya bilang 10 kursi, kalau ternyata partai lain 11 kursi, artinya kan tidak menang," ujarnya. (Yad)

  • Bagikan