Dukung Penerapan Tarif Gratis Teman Bus, Kadishub Sulsel Sebut Masyarakat Miliki Beban Hidup tinggi

  • Bagikan
Teman Bus

Adapun koridor-koridor Bus Trans Mamminasata yakni Koridor 1 yaitu Panakkukang Square-Galesong. Koridor 2 yaitu Mal Panakkukang-Bandara Sultan Hasanuddin. Koridor 3 yaitu Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP. Koridor 4 Panakkukang Square -Kampus UIN Samata-Kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa.

Terpisah, Kepala UPT Trans Mamminasata, Andi Nurdiana mengatakan Layanan Teman Bus masih belum memberlakukan tarif atau masih gratis, dikarenakan masih disubsidi oleh Kementerian Perhubungan. Namun, nantinya tetap akan diberlakukan tarif, pasalnya masih dalam tahap kajian.

"Saat ini masih gratis karena masih disubsidi. Kemudian nanti kemungkinannya, belum keluar peraturan dari Menkeu, tetapi akan berbayar. Mungkin di akhir tahun," ujarnya.

Teman Bus Trans Mamminasata melayani 4 daerah di wilayah aglomerasi Mamminasata yakni Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar. Dengan armada sebanyak 87 unit yang melayani di 4 kabupaten/kota tersebut dengan 4 koridor. "Tidak ada. Armadanya kan 87, yang beroperasi itu 81 karena yang 6 itu cadangan," ucapnya.

Lebih jauh, Untuk pemenuhan sarana dan prasarana terhadap Layanan Teman Bus ini, kata Nurdiana akan menjadi tanggung jawab masing-masing pemerintah daerah di 4 kabupaten/kota tersebut.

"Misal, kalau berasa di wilayah Maros, tentu saja harus Pemkab Maros. Kemudian di Takalar juga seperti itu," terangnya.

  • Bagikan