Danny Kukuhkan Pakandatto, Tugasnya Awasi Kebersihan Lingkungan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Pasukan Penindakan Anti Kotor (Pakandatto), di anjungan pantai Losari, Rabu (19/10/2022).

Pakandatto merupakan tim yang dibentuk untuk melakukan pengawasan terhadap kebersihan lingkungan.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, menjeleaskan 'Pakandatto' dalam bahasa lokal masyarakat Sulawesi Selatan yang bermakna peringatan atau memperingatkan.

Ia melanjutkan bahwa dalam pembentukan pengawas kebersihan, tidak akan dilakukan penambahan orang, namun memilih laskar pelangi yang telah ada di masing-masing kelurahan.

"Mereka akan ditugaskan untuk melakukan pengawasan, tugasnya berkeliling meninjau kondisi kebersihan kelurahan masing-masing," ungkap Danny, Rabu (19/10/2022).

Danny membeberkan bahwa 'Pakandatto' akan dipimpin langsung olehnya dengan melakukan pemantauan melalui aplikasi yang akan digunakan dalam proses kerja pakandatto dengan akses melalui gawai (smartphone) yang rencananya akan dibagikan ke personel Pakandatto.

"Personelnya akan di bagikan smartphone, tapi tidak ada anggarannya, saya akan cari CSR nya, satu orang satu unit, karena saya mau betul-betul mobilisasi mereka," lanjutnya.

Ia juga menyampaikan Detail tuags dari Pakandatto yaitu melaporkan, menegur, kemudian menindaki, proses ini merupakan proses yang akan dijalankan para personel dalam melakukan pengawasan di setiap lingkungan.

"Adapun teguran yang diberikan akan ditempelkan stiker pada rumah atau tempat yang masih ada kotoran/sampah yang belum dibersihkan, teguran satu, teguran dua, sampai teguran 4," tegasnya.

"Tugasnya lurah ini mau dinilai, kalau ada aduan pa kandatto tidak di eksekusi berarti, lurah yang tidak kerja," tutupnya. (Abu/Raksul/A)

  • Bagikan