Inilah Beberapa Khasiat Minyak Tawon untuk Kesehatan Tubuh!

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Minyak tawon merupakan nama merek minyak gosok yang dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih (cajuput oil), minyak serai (citronella), kunyit, dan bawang merah. Minyak tawon memang sangat populer sebagai minyak pijat. Minyak tawon memiliki bau yang khas, baunya mirip seperti campuran minyak kayu putih dengan jamu.

Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Kandungan capujut dalam minyak tawon juga memberi manfaat pada tubuh yang pegal. Cajuput oil mengandung senyawa aktif cineole yang bisa meredakan nyeri. Menurut studi pada jurnal Evidence Based Complement Alternative Medical, senyawa cineole dapat memengaruhi sistem saraf pusat dengan meningkatkan produksi serotonin.

Serotonin adalah hormon yang bisa membuat seseorang jadi lebih tenang dan senang. Efek inilah yang memungkinkan rasa sakit menjadi berkurang.

Melegakan Pernapasan

Tak dimungkiri, bau minyak tawon memang sangat khas. Bau khas inilah yang membantu melegakan pernapasan dari hidung tersumbat.

Selain itu, aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara di hidung.

Salah satu kandungan minyak tawon, yakni cajuput oil juga mampu menghangatkan tubuh.

Mencegah Gigitan Nyamuk

Manfaat minyak tawon juga bisa untuk mengusir dan mencegah gigitan inyamuk, oleskan saja tipis-tipis minyak tawon pada tubuh.

Nyamuk ternyata tidak menyukai bau minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut.

Selain itu, minyak tawon yang dibuat dari ekstrak kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang berpotensi menurunkan risiko peradangan di kulit. Bekas gigitan nyamuk bisa membuat kulit bengkak dan meradang. Hanya dengan mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan lebih cepat pulih. (GenPi/Raksul)

  • Bagikan