Rakernis Apeksi: Rp1,7 Trilliun Akan Dialokasikan ke Seluruh Pemerintah Kota, Danny: Ini Kabar Baik

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, di Rakernis Apeksi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Realisisasi Rekomendasi Pembahasan Rakernis Apeksi terkait Dana Kelurahan disambut baik oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Pasalnya, Direktur Dana Transfer Umum Kemenkeu RI, Adriyanto menyampaikan pada Rakernis Apeksi anggaran sebesar Rp1,7 Triliun dilokasikan dan akan disebar di seluruh Kota yang tersebar di Indonesia.

Masing-masing kelurahan mendapatkan dana Rp200 juta. Khusus Makassar ada 153 kelurahan, sehingga total anggaran dana kelurahan sekitar Rp30 miliar.

"Kabar baik ini, Kita akan memanfaatkan sebaik mungkin dana tersebut. Khususnya pada pengembangan Lorong Wisata atau Longwis," sahut Danny, Selasa (8/9/2022).

Menurutnya, Longwis merupakan salah satu konsep pertahanan kota Makassar untuk menekan inflasi dan memperbaiki Food Security kedepannya.

Danny menjelaskan sebelumnya pada tahun 2019- 2020 dana kelurahan yang turun dari pusat sebesar Rp 352 juta per kelurahan.

Namun, Pemerintah Kota Makassar berinisiatif menambahkan dana tersebut yang diambil dari APBD sebesar Rp 100 juta per kelurahan. Total sekitar Rp 500 juta dana per kelurahan di Kota Makassar.

Danny mencontohkan alokasi anggaran dana kelurahan sudah dimanfaatkan untuk mendirikan kontainer dan pemasangan CCTV.

“Kita sudah anggarkan dari dulu dana kelurahan. Di tahun 2019-2020 itu alokasi kita 500 juta per kelurahan. Tahun depan akan ditambah lagi 200 juta per kelurahan. Ini kita akan manfaatkan untuk Longwis sebagai pertahanan kita menghadapi resesi,” tutupnya. (Abu/Raksul/A)

  • Bagikan