Bentuk Tim, Pengurus Hanura Sulsel Pantau Langsung Verfak Perbaikan

  • Bagikan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan saat melakukan verifikasi faktual Partai Hanura Sulsel belum lama ini di kantor DPD Hanura jl Andi Pettarani Makassar. (A/Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Hanura Sulsel membentuk tim untuk memantau langsung verifikasi faktual (verfak) perbaikan di seluruh daerah. Di mana, berdasarkan jadwal dimulai 24 November hingga 8 Desember 2022.

Diketahui, Hanura merupakan salah satu parpol yang belum memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2024 mendatang. Bahkan di Sulsel saja masih ada sejumlah daerah yang melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) Perbaikan.

Ketua DPD Hanura Sulsel, Amsal Sampetondok mengatakan, ada 14 DPC melakukan Verfak perbaikan. Diantaranya Luwu Timur, Palopo, Toraja Utara, Pinrang, Sidrap, Soppeng, Maros, Wajo, Bone, Bulukumba, Selayar, Bantaeng dan Kabupaten Gowa.

"Semua daerah tersebut diterjunkan tim untuk melakukan penataan ulang. Saya turunkan 7 Pengurus DPD termasuk saya sendiri untuk turun ke daerah. Saya sendiri memantau DPC Palopo dan Toraja Utara," ujar Amsal Sampetondok, Minggu (27/11).

Disinggung apa penyebabnya belum memenuhi syarat. Mantan personel TNI ini menyebutkan banyak kader yang tidak ditemukan. Hanya saja, perbaikan ini menyisahkan beberapa hal untuk masuk kategori memenuhi syarat.

"Jadi kami betul-bentul melakukan perbaikan ini dengan merekrut kader baru dari keluarga dekat pengurus yang ada saat ini dan memiliki niat bergabung dengan Hanura," tuturnya.

Amsal menyebutkan laporan DPC saat ini sudah siap untuk di verfak ulang. Apalagi penambahnya tidak terlalu banyak. "Kemarin saja (verfak awal) ada DPC tinggal 6 (kekurangan kader), jadi kami sudah antisipasi semua ini dan DPC sampaikan sudah siap," jelasnya. (Fahrul/Raksul/B)

  • Bagikan