Pimpin Upacara di SMAN 3 Palopo, Sekda: Stop Perundungan dan Kuasai Bahasa Asing

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza DP mewakili wali kota Palopo menjadi pembina upacara bendera di SMA Negeri 3 Palopo, Senin (12/12/2022).

Firmanza  menyampaikan, selaku Pemerintah Kota Palopo menjadi pembina upacara, bukan hanya disini, tetapi disekolah lain juga dihadiri Dandim 1403 Sawerigading dan  Kapolres Palopo sebagai pembina upacara. 

"Kami laksanakan bekerjasama dengan kepolisian dan TNI, supaya kita mengetahui bahwa pemerintah juga hadir diantara anak-anakku sekalian. Kita hadir dalam hal mengantisipasi apa yang selama ini sudah menjadi tren dan berkembang diantara pelajar seperti yang sudah dibacakan ikrar pelajar andalan Sulawesi Selatan. Dimana dalam ikrar tersebut berisi penolakan segala bentuk perundungan,bullying, tawuran dimana pun berada, menolak segala bentu intoleransi dan radikalisme, serta menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya," kata Firmanza.

Firmanza menyampaikan, bahwa di sekolah lain ada beberapa siswa yang terlibat dengan hal tersebut. 

"Patut kita syukuri di SMA Negeri 3 Palopo tidak ada yang terlibat dengan hal-hal tersebut. Namun selaku pemerintah kami harus selalu mengingatkan kepada anak-anakku semua kalau ada teman-temannya yang cenderung berprilaku seperti yang sudah disebutkan tadi segera disampaikan kepada bapak, atau ibu guru sehingga kita bisa mencegah hal yang tidak kita inginkan. Saya berharap keadaan seperti ini tetap kita pertahankan, tidak ada kekerasan, tidak ada bullying, tidak ada intoleransi dan radikalisme, tidak ada yang terlibat narkoba. Semoga tidak ada hal seperti itu terjadi di Kota Palopo," tambahnya.

Menurutnya, kedepannya tantangan yang hadapi semakin berat. Olehnya itu dari sekarang generasi muda harus siap menjemput masa depan. 

"Kita sendiri yang ciptakan masa depan, kita harus siapkan mulai sekarang. Karena kalau tidak kita persiapkan dari sekarang, kita akan menjadi orang yang tidak berguna dimasa depan yang hanya menggantungkan hidup kepada orang lain. Saya berharap semua menjadi orang yang sukses, orang yang bisa berguna bagi sesamanya dan masyarakat," ungkap Sekda Kota Palopo.

Menurutnya, harus dipersiapkan dari sekarang adalah yang pertama, pelajaran agama. Karena semua agama mengajarkan serta menuntun untuk kehidupan yang lebih baik, dunia maupun akhirat. 

Kedua kuasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris, karena kedepan manusia akan dapat berinteraksi dengan seluruh penduduk di dunia.

Dengan penguasaan bahasa asing, supaya dunia berada dalam genggaman. Ketiga kuasai Ilmu pengetahuan dan tekhnologi (Iptek), jangan sampai jadi gaptek.

Jangan menyebar berita Hoaks karena akan melanggar UU ITE dan akan berurusan dengan kepolisian. Jangan langsung terima berita yang ada begitu saja. Saring dulu baru sharing.

“Terakhir pesan saya, belajar mulai sekarang untuk menulis. Kedepannya kita bisa mengekspresikan apa yang ada dibenak kita. Karena yang dibutuhkan adalah orang-orang yang bisa mengekspresikan pikiran-pikiran dan  menyampaikan ide-idenya kedalam tulisan. Diharapkan bapak dan ibu guru untuk membimbing siswanya,” tutupnya.(Jaya)

  • Bagikan