Ngobrol Politik, IPI Sebut Bacapres Anies Baswedan Masif di Sulsel

  • Bagikan
suasana ngobrol politik. (A/Fahrul)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan barometer Indonesia timur. Bahkan, acap kali bakal calon presiden (bacapres) mengincar dan mendulang suara di daerah ini. Ada dua figur yang masih diperhitungkan yakni Prabowo Subianto dan Anies Rasyid Baswedan.

Direktur Eksekutif PT IPI, Suwadi Idris Amir menjelaskan hasil riset PT IPI terkait popularitas dan elektoral bakal calon presiden khusus di Sulawesi Selatan. Baru satu figur yang mulai menggarap Sulsel yakni Anies Baswedan

"Hasil temuan kami di PT IPI, di wilayah Sulsel ada satu figur yang sudah menggarap Sulsel dan figur ini sudah dideklarasikan oleh Partai NasDem, yakni Anies Rasyid Baswedan," kata Suwadi, Rabu (28/12).

"Figur lain memang sudah ada masuk Sulsel, tapi tidak semasif Anies," ungkapnya.

Meski di Sulsel punya tokoh politik seperti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Andi Amran Sulaiman, namun, kata dia, berdasarkan riset PT IPI figur Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih terkuat di Sulsel. Kemudian disusul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Menariknya, kata Suwadi, Anies Rasyid Baswedan cenderung menguasai pemilih cerdas di Sulsel seperti akademisi. Namun untuk pemilih grass root atau akar rumput masih dikuasai Prabowo dan Ganjar.

"Ini tentunya menjadi tantangan bagi figur lain untuk menyaingi Anies di pemilih cerdas. Kalau Ganjar memang cukup diterima, tapi tidak sedominan Anies. Namun pemilih akar rumput Pak Prabowo sangat dominan, khususnya di Selatan Sulsel," jelasnya.

  • Bagikan