PDIP Belum Bergerak, Kadernya Sudah Terdepan

  • Bagikan
karikatur/rambo

Oleh karena itu, lanjut Djayadi, Presiden Jokowi besar kemungkinan akan memiliki pengaruh signifikan baik terhadap basis dukungan PDIP maupun dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

“Jika kredibilitas terhadap Presiden Joko Widodo tetap terjaga maka ke depan dukungan terhadap PDIP, dan sekaligus Ganjar Pranowo, juga kemungkinan besar akan semakin kuat,” tutupnya.

Metodologi yang digunakan LSI menargetkan warga negara Indonesiaberusia 17 tahun ke atas dan memiliki telepon, sekitar 83 dari total populasi nasional.

Sampel yang diambil oleh LSI 1.221 responden dipilih melalui proses pemilihan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Sementara Margin of error survei diperkirakan ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Belum Ada Arahan DPP
Ketua Dewan Kehormatan DPD PDIP Sulsel, Anshari Mangkona mengakui jika hingga saat ini belum ada arahan DPP PDIP untuk dilakukan sosialisasi atau perkenalan capres pilihan PDIP kepada masyarakat.

Menurutnya, keputusan siapa diusung PDIP adalah hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Seokarno Putri. Oleh sebab itu, sebagai kader di seluruh daerah masih menanti keputusan resmi nantinya.

"Jadi, memang belum ada arahan DPP untuk kami sosialisasi capres. Karena yang putuskan capres PDIP itu hak prerogatif bu Mega selaku ketum," katanya, Senin (23/1/2024).

PDIP hingga saat ini menjadi salah satu yang belum mengumumkan calon presiden (capres) internalnya secara resmi ke publik, di tengah dinamika pencapresan dan pembentukan koalisi parpol-parpol lain yang sudah berjalan.

Menurut anggota DPRD Sulsel itu, bagi PDIP, saat ini konsentrasi utama bukanlah membahas soal calon presiden (capres), tetapi bagaimana mengerahkan energi membantu rakyat kondisi saat ini.

Namun, diakui bahwa DPP sedang melangkah ke arah pengumuman capres internal dalam waktu dekat. Saat ini internal PDIP sedang menggodok capres yang ideal untuk diusung di Pilpres 2024 mendatang.

"Informasi DPP meminta kami bersabar. Akan diumumkan dalam waktu dekat. Oleh karena itu, saat ini sedang dilakukan finalisasi terhadap Capres yang akan diusung oleh PDIP," ungkap Anshari Mangkona.

  • Bagikan