Bangun Sirkuit International Macca, Dispora Makassar Studi Tiru ke Mandalika

  • Bagikan
Andi Pattiware

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mencanangkan sejumlah proyek strategis yang akan dibangun pada tahun 2023, diantaranya proyek Makassar Cor City Arena (Macca) dan Sirkuit Intenasional Untia.

Kedua Proyek ini telah memasuki tahapan lelang yang dapat dilihat melalui Laman LPSE Kota Makassar yakni ttps://lpse.makassar.go.id/eproc4/lelang. Dengan pagu anggaran senilai Rp 270 milyar. Tahapan tersebut telah dibuka sejak 31 Desember 2022 dengan total saat ini 49 peserta.

Dalam LPSE ini terlihat terdapat dua paket yang tayang yakni pengerjaan konstruksi terintegrasi rancang dan bangun (Design and Build) Macca dan Sirkuit Internasional Untia dianggarkan dengan Pagu Rp270 milliar.

Untuk memaksimalkan pembangunan proyek Macca dan Sirkuit Internasional Untia ini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar bersama tenaga ahli terintegrasi rancang bangun Macca dan Sirkuit International Untia melakukan kunjungan ke Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara barat (NTB) beberapa waktu yang lalu.

Kepala Dispora Kota Makassar Andi Pattiware mengatakan kunjungan itu dalam rangka melakukan studi tiru atau survey pada material dan metode pelaksanaan pembangunan mandalika International Sirkuit yang disambut oleh oleh Management Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC. Adapun kunjungan tersebutt, Pihak ITDC memaparkan data umum sirkuit.

"Manajemen ITDC yang memaparkan data umum sirkuit, lingkup kegiatan proyek baik itu track line, ME, metode pengaspalan hingga proses maintainance sirkuit yang saat dikunjungi masih berlangsung," ujarnya.

Maka dari itu, Ia berharap hasil dari kunjungan studi tiru tersebut dapat membantu maupun mengapdopsi metode-metode yang telah dipaparkan oleh pihak ITDC dalam standar pembangunan Macca dan Sirkuit International Untia nantinya. Apalagi, kata Andi Pattiware, pembangunan kedua proyek ini rencananya akan mulai berjalan pada Triwulan pertama tahun 2023.

"Diharapkan hasil kunjungan tersebut dapat membantu Dispora dan tenaga ahli dalam pemilihan material yang sesuai standar dan mengetahui metode pelaksanaan konstruksi yang akan digunakan pada Sirkuit Untia yang direncanakan pembangunannya berjalan pada triwulan pertama tahun 2023 ini," tutupnya.

Diketahui, Dua proyek lainnya masih dalam tahap management konstruksi yaitu pembagunan Makassar Core City Arena (Macca) dengan anggaran Rp7 Milyar. Proyek ini salah satu program multiyears dan target pengerjaan dua tahun dengan anggaran fisik sebesar Rp160 milyar. (Shasa/B)

  • Bagikan