Belum Bertarung, Partai Buruh Pesimis di Lima Daerah

  • Bagikan
Ketua Exco Partai Buruh, Akhmad Rianto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang masih menyisakan satu tahun. Namun Partai Buruh pesimis di lima daerah tak bisa memperoleh kursi padahal belum bertarung.

Ketua Partai Buruh Sulsel, Akhmad Rianto mengatakan, ada lima daerah yang diprediksi tak akan capai target kursi di Pileg. Masing-masing, Sinjai, Luwu Utara, Enrekang, Palopo, dan Toraja Utara.

Meski begitu, kata dia, ada 19 daerah yang diprediksi mampu duduk di legislatif. Itu, lantaran dirinya tidak ingin berlebihan dalam target kursi. Sehingga Partai Buruh Sulsel hanya target logis.

"Di lima ini kita memang masih pembangunan di sana atau konsolidasi," katanya.

Namun, di wilayah lainnya, ia mengaku optimis bisa meraih kursi. Meskipun, targetnya juga tidak tinggi, disesuaikan dengan potensi daerah. Ada daerah ditarget tiga kursi, dua kursi, dan hanya satu kursi.

"Kami hanya target maksimal tiga kursi saja. Tapi kita optimis karena kita punya basis buruh, petani, nelayan di wilayah ini untuk mendorong suara," ungkapnya.

Begitupun untuk pileg provinsi, dari 11 dapil, Partai Buruh hanya menargetkan 8, dengan target minimal 1 kursi setiap dapil. Kemudian DPR RI, minimal satu kursi setiap dapil.

Akhmad pun mengatakan sudah punya bakal calon legislatif (Bacaleg) potensial. Partai Buruh pun sudah membuka pendaftaran bacaleg.

"Tapi nanti akan ada penjaringan untuk menyeleksi bacaleg yang paling potensi dan sesuai parameter caleg Partai Buruh, seperti harus bebas narkoba, tidak pernah korupsi, tidak pernah melakukan kekerasan seksual, dan lain-lain," jelasnya. (Fahrul/B).

  • Bagikan