Danramil Barebbo Gelar Panen Sayur Bersama Pendidik dan Masyarakat di Makoramil

  • Bagikan
Personel Koramil Barebbo Panen Sayur Bersama Warga

BONE, RAKYATSULSEL - Pemanfaatan lahan pekarangan rumah atau perkantoran untuk ketahanan pangan, telah dibuktikan personel Markas Koramil (Makoramil) 1407-11/Barebbo.

Hal itu terbukti saat personel Makoramil 1407-11/Barebbo kembali melakukan panen sayur bersama dengan Tenaga Pendidik (guru) dan Tenaga Kependidikan (staf administrasi) SD Inpres 3/77 Apala dan staf Pemerintah Kelurahan Apala, Kamis (23/2).

Pada panen sayur di halaman Makoramil 1407-11/Barebbo di Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, nampak Danramil 1407-11/Barebbo, Kapten Kapten Chb Eko Ermawanto bersama para Babinsa guru dan tenaga administrasi SD Inpres 3/77 Apala serta staf Pemerintah Kelurahan Apala kembali memanen sayur bersama.

Kapten Chb Eko Ermawanto mengatakan, dirinya bersama para personel Koramil 1407-11/Barebbo berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan lahan perkantoran untuk penyediaan sumber pangan dan gizi.

"Dengan pemanfaatan lahan kantor tersebut, selain dari personel Koramil, masyarakat sekitar pun dapat menikmati sayuran yang baik dan segar untuk dikonsumsi yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan," jelas Kapten Chb Eko Ermawanto.

"Kegiatan ini hasil dari pemanfaatan lahan halaman kantor Koramil 1407-11/Barebbo sebagai sarana percontohan bagi masyarakat sekitar dalam pemanfaatan lahan pekarangan. Keterbatasan lahan itu bisa disikapi dengan inovasi untuk mengembangkan pertanian perkotaan," jelasnya lagi.

"Kegiatan ini hasil dari wujud program ketahanan pangan nasional Koramil 1407-11/Barebbo dalam memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami sayuran yang merupakan upaya untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Pemerintah selaras dengan perintah Kepala Staf Angkatan Darat untuk menanam tanaman pangan di lahan TNI AD dalam mengantisipasi krisis pangan," pungkasnya.

Salah seorang Tenaga Pendidik SD Inpres 3/77 Apala, Astuti mengemukakan kalau dengan adanya lahan atau kebun sayur Makoramil 1407-11/Barebbo sangat membantu dirinya bersama dengan teman pendidik dan kependidikan serta masyarakat sekitar.

"Setiap Koramil 1407-11/Barebbo panen sayur, kita selalu diberikan juga dan tentu ini sangat bermanfaat bagi kami sebab selain dapat menikmati sayuran segar, hal itu juga menghemat perekonomian kami sebagai ibu rumah tangga," ujar Astuti. (Enal/A)

  • Bagikan