Personel Polsek dan Koramil Barebbo Bersinergi Dampingi Tim Vaksin Dinas Peternakan Bone

  • Bagikan
Personel Polsek dan Koramil Barebbo Dampingi Tim Vaksin Dinas Peternakan Bone

BONE, RAKYATSULSEL - Pelaksanaan vaksinasi hewan ternak sapi di Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu, 7-8 Maret 2023. Kegiatan ini berjalan lancar dan terlihat animo masyarakat peternak sapi sangat tinggi menvaksin ternak sapinya.

Hal itu terbukti pada saat pelaksanaan vaksin hewan ternak sapi yang dilakukan di lima lingkungan se-Kelurahan Apala.

Lingkungan Waru dan Lingkungan Apala yang dilaksanakan Rabu 8 Maret 2023 di Lingkungan Amessangeng, Lingkungan Matekko dan Lingkungan Gattareng pada Selasa 7 Maret 2023.

Hal itu pun diakui pemimpin tim vaksinasi hewan ternak Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Muhammad Amin. Bahkan menurutnya, selama pelaksanaan vaksin hewan ternak sapi di Kelurahan Apala, ratusan hewan ternak sapi masyarakat di vaksin PMK.

"Ada sekira 500 ekor sapi divaskin di Kelurahan Apala selama dua hari. Ini menandakan kesadaran masyarakat untuk vaksin sapi sangat tinggi," ujar Muhammad Amin, Rabu (8/3) kemarin.

"Pelaksanaan vaksinasi sapi kali ini merupakan vaksinasi kedua bagi ratusan ternak sapi milik warga Kelurahan Apala. Meski demikian masih ada juga yang baru vaksin pertama," tambahnya.

Ia juga menjelaskan vaksinasi ternak sapi tersebut adalah salah satu cara untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tertentu.

"Tujuan dari vaksinasi ini pada intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro-organisme penyebab penyakit," jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi hewan ternak sapi Dinas Peternakan Kabupaten Bone di Kelurahan Apala, selain didampingi oleh Lurah Apala Sainal Abidin, didampingi pula Kanit Binmas Polsek Barebbo, Aiptu Muhammad Anas dan Babinsa Koramil 11 Barebbo Kelurahan Apala, Serka Maman Suryaman.

Babinsa Koramil 11 Barebbo Kelurahan Apala, Serka Maman Suryaman menjelaskan bahwa selain sapi divaksin, diberikan pula nomor urut ternak bagi yang sudah divaksin.

"Kali ini, ternak sapi warga bukan hanya divaksin PMK tetapi diberikan pula nomor urut ternak berupa anting-anting yang dipasang ditelinga sapi warga," ujar Serka Maman Suryaman. (Enal/A)

  • Bagikan