PKB Cek Mesin Partai di Luwu Raya

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - DPW PKB Sulawesi Selatan sedang sibuk melakukan konsolidasi sekaligus mengecek infrastruktur partai untuk melihat persiapan kabupaten/kota di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

"Sejak Minggu lalu kita sudah melakukan roadshow di beberapa kabupaten/kota. Mulai Sinjai sampai Takalar. Hari ini (kemarin) bersama Syamsu Rizal atau Deng Ical akan melakukan hal tersebut Luwu Raya," ungkap Ketua DPW PKS Sulsel, Azhar Arsyad, Senin (13/3/2023).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel ini membeberkan, ada beberapa hal yang ingin ia pastikan dalam kegiatan tersebut, seperti kesiapan calon legislatif (Caleg) hingga saksi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Karena ini terasa penting dalam konteks politik hari ini, kapasitas para pengurus terutama caleg untuk menghadapi kontestasi dan memastikan akan memiliki kemampuan untuk menjadi representasi dari apa yang menjadi problem masyarakat," ujarnya.

Karena, lanjut Azhar, bagaimana pun fungsi legislasi mulai penganggaran sampai pengawasan itu harus dimiliki oleh para caleg. "Supaya apa yang menjadi harapan kita sebagai wakil rakyat," bebernya.

Disinggung soal evaluasi setelah roadshow, Ashar menyebutkan bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang mesti dibenahi. Tapi dengan kehadiran pengurus DPW bersama lembaga pemenangan Pemilu dan lembaga saksi pemenangan, pihaknya mendorong fit and proper test di seluruh tingkatan. Mulai kabupaten sampai tingkat pusat.

"Jadi bukan hanya karena dalam rangka UKK (Uji kepatutan dan Kelayakan). Bukan hanya karena kelebihan caleg, meskipun kurang, caleg itu harus tetap dilakukan (uji kelayakan)," bebernya.

Uji kelayakan dilakukan, kata Azhar, untuk mengecek kapasitas para caleg. "Seperti apa kekuasaan itu direbut tapi kekuasaan itu tidak bisa memberi manfaat apa-apa buat rakyat," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan