Jokowi Sebut PT Vale Contoh Perusahaan Peduli Lingkungan, Indikasi Perpanjangan Kontrak?

  • Bagikan
Rombongan Presiden Jokowi saat Meresmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea, Kamis (30/3). (Ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Presiden Jokowi mengunjungi PT Vale Indonesia Tbk, di Sorowako, Luwu Timur (Lutim), Sulsel, Kamis (30/3).

Pada kesempatan itu, Jokowi puji upaya reboisasi dan reklamasi yang dilakukan PT Vale. Bahkan Jokowi meminta kepada perusahaan pertambangan lain, untuk meniru apa yang dilakukan oleh PT Vale.

"Tadi saya cek dilapangan, saya melihat bagaimana PT Vale memperbaiki lahan-lahan yang telah ditambang dengan sangat bagus," kata Jokowi saat meresmikan Taman Sehati Sawerigading, Lutim, Kamis (30/3/2023).

Ia memaparkan, potensi nikel di indonesia secara khusus pada wilayah yang di kelola pihak PT Vale 25 persen cadangan nikel dunia ada di indonesia.

"Itu kekuatan kita, itu kita tidak ingin nikel itu habis karena di eksport mentahan," ungkapnya,

"Oleh sebab itu, sejak 2020 saya stop dan tidak boleh ekspor dalam bentuk mentahan lagi, tapi harus barang setengah jadi atau barang jadi," imbuhnya.

Sebelumnya , Jokowi mengatakan, saat ini dirinya masih melakukan perhitungan dengan Kementerian terkait, Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Vale.

"Ini masih proses kalkulasi, perhitungan-perhitungan dari Kementerian yang terkait, dan segera nanti diumumkan," kata Presiden, di stasiun Rammang-rammang, Maros, Rabu 29 Maret 2023.

Ia mengaku, dirinya akan mempertimbangkan manfaat yang didapatkan masyarakat Lutim dari adanya perusahaan tambang tersebut.

"Belum diputuskan. Masih dalam kalkulasi, kajian perhitungan," pungkas Jokowi. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan