Adu Kuat Parpol Berebut 934 Kursi se-Sulsel

  • Bagikan
Pendaftaran Parpol Dimulai

Lantas bagaimana pengamat melihat figur akan bertarung di pemilu 2024. Dimana saat ini baik penantang pendatang baru mulai melakukan upaya mencari dukungan menggeser petahana.

Direktur Politician Academy, Bonggas Chandra, ia menilai peluang keterpilihan figur baru untuk di pemilihan legislatif (Pileg) 2024 terbuka. Tren petahana terpilih kembali cukup rendah.

"Kondisi itu, khususnya bisa dilihat di dua kali Pileg DPRD Sulsel terakhir. Pada Pileg 2014, dari 85 kursi, hanya 28 petahana yang terpilih kembali atau cuma 32,9 persen saja. Pada 2019 prsentasinya naik, tetapi kecil, yaitu hanya 33 petahana dari 85 kursi," jelasnya saat dimintai tanggapan.

Bonggas Chandra membeberkan data tersebut mengatakan persestase ini merupakan terkecil jika dibandingkan provinsi lain di Sulsel (diluar wilayah ini).

"Ini termasuk yang persentasenya terkecil, di DPR lain rata-rata petahana yang terpilih kembali 50 persen, selebihnya wajah baru. Nah di sini di bawah 50 persen, ada apa?. Menarik di teliti," katanya.

Menurutnya, hal sama juga akan terjadi pada perebutan kursi di DPR RI pun demikian. Diketahui ada tiga dapil untuk DPR RI perwakilan Sulsel, yaitu dapil 1, dapil, dan dapil 3.

Pada pileg 2019, untuk dapil 1, dari delapan petahana ada lima yang terpilih kembali. Dapil 2, dari sembilan petahana, terdapat 6 yang terpilih lagi.

"Namun, yang menarik di dapil 3, karena tak satu pun yang terpilih kembali. Rendahnya keterpilihan kembali petahana ini juga terjadi di kabupaten kota," jelasnya lagi.

Bonggas menilai hal ini terjadi karena beberapa hal. Pertama, ketidakmampuan petahana menjaga konstituennya. Kedua, mereka tidak bisa menunaikan janji politiknya.

Kemudian mereka tidak turun ke lapangan atau tidak turun lagi ke konstituennya. Atau mungkin over ekspektasi dari opininya. Itu juga bisa terjadi. Atau barangkali pemilihnya sudah cerdas.

"Artinya petahana ssbagai kandidat itu tidak terlalu kuat. Sehingga menjadi harapan besar bagi para penantang baru," ungkapnya.

  • Bagikan