Bawaslu Jeneponto Temukan Ratusan Data Pemilih Ganda

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto telah menemukan ratusan pemilih ganda saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto melakukan Tahapan penyusunan daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada pemilihan umum tahun 2024

Ketua Bawaslu Jeneponto mengatakan KPU jeneponto telah mengumumkan sebanyak 296.973 pemilih yang tersebar di 11 Kecamatan.

Dari hasil pengumuman DPSHP, Bawaslu Kabupaten Jeneponto menyampaikan saran perbaikan kepada KPU Kab.Jeneponto terkait adanya potensi pemilih ganda dan perbaikan data pemilih.

"ya, hari ini (Senin) telah disampaikan (saran perbaikan) kepada KPU Jeneponto terkait adanya potensi pemilih ganda dan perbaikan data pemilih," katanya.

Dirinya menyebutkan sebanyak 469 data potensial ganda baik antar kecamatan dan ganda antar desa dalam satu kecamatan, sedangkan untuk perbaikan data pemilih sebanyak 38.

"ini berdasarkan hasil pengawasan dan pencermatan yang dilakukan jajaran pengawas. Ada 469 pemilih potensial data ganda," ujarnya.

"Potensial pemilih ganda lintas kecamatan sebanyak 37 dan pemilih ganda dalam lingkup kecamatan sebanyak 432, sementara perbaikan data pemilih sebanyak 38," lanjutnya.

Dengan ini pihaknya berharap, dari saran perbaikan ditindaklanjuti oleh KPU dan pihaknya mengharap partisipasi aktif masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap penyusunan daftar pemilih yang sementara diumumkan oleh KPU Jeneponto.

"Sekiranya ada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdaftar dapat menyampaikan kepada jajaran pengawas pemilu di tingkat desa atau kelurahan dan panwaslu kecamatan," tutupnya. (Fah/B)

  • Bagikan