Caleg DPR RI Ismail Bachtiar Edukasi Warga Soal Adminduk

  • Bagikan
Ilustrasi. Banyak Oknum Manfaatkan KTP untuk Hal-hal Negatif, Utamanya Jelang Pilkada.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Anggota DPRD Sulsel Fraksi PKS Ismail Bachtiar beri edukasi sekaligus mengingatkan kepada warga bahaya memberikan Administrasi Kependudukan (adminduk) seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dengan alasan yang tidak jelas.

Apalagi di Indonesia saat ini sedang masuk tahapan Pemilu. Di mana partai politik ataupun calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD diharuskan menyerahkan dukungan beserta dokumen KTP pendukungnya.

"Warga sebaiknya berhati-hati dalam memberikan data pribadi ke orang lain, pastikan saja bahwa data yang diberikan tidak disalahgunakan," kata Ismail Selasa (23/5).

Politisi milenial PKS ini menyampaikan, dampak buruk menyerahkan KTP dan KK kepada pihak yang tidak bertanggung jawab karena akan berakibat fatal.

"Jadi jangan menyerahkan identitas kita baik KTP dan KK. Karena ini data, privasi pribadi yang tidak boleh diakses orang lain kecuali untuk urusan pemerintahan," jelas Bacaleg PKS DPR RI, Dapil Sulsel II itu.

Meningkatkan ke hati-hatian sangat penting, sebab, kata dia, mengingat NIK yang ada dalam KK dan KTP bisa saja disalahgunakan oleh pihak tertentu.

"Terlebih sekarang lagi marak Pinjaman Online atau Pinjol. Nah Pinjol itu salah satu syaratnya ambil KTP dan KK lalu di foto, dia ambil uangnya tapi pemilik KTP dan KK tidak tahu tapi bapak dan ibu yang ditagih," ungkapnya.

Ismail juga mengingatkan kepada koleganya sesama politisi yang ada di partai politik untuk terus memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya menjaga identitas pribadi yang tercantum di dalam KTP dan KK.

"Masyarakat kita sangat butuh pemahaman, edukasi dan selalu diingatkan. Disinilah peran kita sebagai politisi, wakil rakyat untuk hadir memberikan perlindungan agar warga kita tidak menjadi korban," tukasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan