Kloter Pertama Jemaah Haji Embarkasi Makassar Didominasi Lansia

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Jemaah haji kloter 1 tahun 1444 H/2023 mulai memasuki asrama di daerah masing-masing. Hal yang sama juga untuk jemaah embarkasi Makassar yang mulai masuk asrama sejak pukul 08.00 WITA pagi ini Selasa (23/5/2023).

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Ikbal Ismail menjelaskan jemaah dan petugas haji yang masuk di kloter pertama ini berjumlah 393 orang yang berasal dari Makassar. 

Dia menjelaskan proses penerimaan haji tahun ini memiliki SOP yang berbeda dari tahun lalu. Sehingga menurutnya akan dilakukan evaluasi setelah melihat kloter 1 ini. 

"Proses peneriamaan karena ini SOP baru. Kami masih melihat kondisi nanti sebentar setelah kita melihat penerimaan kloter pertama ini kita akan evaluasi itu. Alhamdulillah ini sudah mulai lancar dan setelah jamaah dilayani di aula lalu mereka di antar ke wisma untuk istirahat. Kloter 1 Makassar 393 sama petugasnya," katanya. 

Para jemaah langsung diarahkan untuk beristirahat ke wismanya masing-masing setelah mengikuti acara penerimaan oleh panitia haji. 

"Mereka masuk diterima oleh panitia dan tidak ada lagi acara ceremony yang kedua mereka dilayani oleh pelayanan koper kabin ke wismanya masing-masing," katanya. 

Sebelum keberangkatan pada Rabu (24/5/2023) dini hari, jemaah terlebih dahulu akan menerima pemeriksaan kesehatan sekitar pukul 21.30 WITA, lalu akan diarahkan ke aula dan dilepas secara resmi. 

  • Bagikan