NasDem Bidik 20 Kursi di DPRD Sulsel

  • Bagikan
Caleg Nasdem Sulsel. (Dokumen RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan sudah menyetor 85 bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.
Partai besutan Surya Paloh ini memasang target tinggi untuk kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse mengatakan, pihaknya optimis dapat meraih target 20 kursi DPRD Sulsel.

"Kami sudah setor 85 bacaleg maju di 11 daerah pemilihan (dapil) di DPRD Provinsi. Tentu targetkan 20 kursi," bebernya saat dikonfirmasi Rakyat Sulsel, Senin (29/5/2023).

Apalagi, lanjut RMS, sapaan akrab Rusdi Masse saat ini komposisi bacaleg DPW Partai NasDem Sulsel sudah lengkap.

"Jadi memang (85 bacaleg) dipersiapkan untuk berebut kursi DPRD Sulsel. Kami sudah serahkan ke KPU sesuai dengan kuota yang disediakan," katanya.

Menurut RMS, target 20 kursi sangat tinggi. Pasalnya, di pemilu 2019 silam, NasDem hanya meraih 12 kursi, selisih satu kursi dari Partai Golkar.

Sehingga, kata dia, NasDem hanya mendapat Wakil ketua I. Sedangkan Golkar meraih 13 kursi mendapat kursi pimpinan atau Ketua DPRD Sulsel.

Menurutnya, Untuk kuota perempuan, RMS mengklaim sebanyak 37 persen yang artinya telah memenuhi persyaratan 30 persen kuota keterlibatan perempuan di Pileg 2024 nanti.

"Seluruh bacaleg NasDem adalah putra-putri terbaik Sulsel yang mengabdikan diri untuk mengawal kepentingan rakyat dengan restorasi perubahan," tambah Legislator DPR RI tersebut.

Sedangkan, Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrief menargetkan total perolehan kursi sebanyak 212 kursi di tingkat DPRD kabupaten/kota, provinsi hingga DPR pada Pemilu 2024.

"Target kami, bisa dua kali lipat dari Pileg 2019 lalu. Kami yakin Partai NasDem kembali menjadi pemenang," ujarnya.

Ia pun meyakini dan optimis meraih target tersebut. Selain itu, sejauh ini mesin partai terus bekerja, bahkan telah dilaksanakan konsolidasi kader dan pengurus di 24 kabupaten kota dihadiri perwakilan DPP Partai NasDem Pusat di Makassar.

"Untuk target perolehan kursi tingkat DPR, Partai NasDem Sulsel membidik 8 kursi, meski saat ini sudah 4 kursi perwakilan anggota Partai NasDem Sulsel di Senayan," jelasnya. (Suryadi/B)

  • Bagikan