12 Kesalahan Pengguna yang Membuat Ponsel Cerdas Android Menjadi Lemot

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pengguna ponsel Android kadang mengeluhkan kinerja gawai yang menurun seperti lemot alias lambat loading. Tanpa disadari, penurunan kinerja ponsel cerdas atau smartphone tersebut juga diakibatkan oleh kesalahan pengguna.

Hindari kesalahan berikut yang dapat mengurangi kecepatan dan efisiensi proses data pada smartphone di tangan Anda :

  1. Tidak rutin update perangkat lunak
    Pembaruan perangkat lunak juga sangat memengaruhi tingkat kecepatan pemprosesan data pada smartphone. Mengutip Gizchina, sebagian besar pembaruan perangkat lunak berupa pemberitahuan pop-up. Pesan pemberitahuan pembaruan perangkat lunak ini kadang diabaikan begitu saja dengan klik tombol close atau tutup.
  1. Proses aplikasi latar belakang berlebihan
    Salah satu kelebihan smartphone atau ponsel cerdas dengan sistem operasi Android adalah adanya fitur aplikasi latar belakang. Hanya saja, banyak aplikasi latar belakang yang bekerja meskipun sebenarnya tidak diperlukan, menguras memori ponsel cerdas, sehingga menurunkan kinerja ponsel. Rutinlah memeriksa dan tidak mengaktifkan fitur latar belakang yang sebenarnya tidak diperlukan, sehingga prosesor smartphone tidak dipaksa bekerja bersamaan.
  1. Menumpuk banyak widgets di home screen
    Widgets sangat membantu mempercepat akses ke aplikasi tertentu. Namun, terlalu banyak shortcut atau widgets di home screen atau beranda smartphone juga dapat menurunkan kinerja. Itu karena widget merupakan ekstensi ekstra dari aplikasi yang sudah berjalan. Batasi jumlah widgets pada beranda layar ponsel dengan mengaktifkan shortcut yang benar-benar diperlukan atau sering dipakai saja.
  1. Ruang penyimpanan selalu penuh
    Biasakan menghapus data atau file yang sudah tidak terpakai untuk selalu menyisakan ruang penyimpanan yang memadai. Kebiasaan membuat ruang penyimpanan selalu penuh juga dapat menghambat kinerja perangkat cerdas Anda.
  • Bagikan