5 Fakta Menarik, Manchester City Rebut Mahkota Liga Champions

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Manchester City berhasil meraih gelar juara Liga Champions 2022-2023 seusai memenangi partai puncak kontra Inter Milan.

Laga Man City vs Inter Milan dalam final Liga Champions 2022-2023 digelar di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turkiye, pada Minggu (11/6/2023).

Man City yang sejak awal diunggulkan untuk meraih kemenangan sukses mengakhiri laga dengan skor 1-0.

Gol semata wayang untuk Man City lahir berkat sepakan keras Rodri pada menit ke-68.

Rodri mampu menjadi pembeda saat penyerang andalan Man City, Erling Haaland, kesulitan mencetak gol.

Erling Haaland mendapat pengawalan ketat dari barisan pertahanan Inter Milan. Alhasil, dia hanya mampu melancarkan satu tembakan sepanjang laga kontra Nerazzurri.

Satu-satunya gol yang dicetak oleh Rodri sudah cukup untuk mengantarkan Man City menjadi juara Liga Champions 2022-2023.

Di balik keberhasilan itu terdapat sejumlah fakta menarik yang tercipta.

1. Man City menjadi juara baru dalam sejarah kompetisi UEFA Champions League atau Liga Champions.

2. Pep Guardiola berhasil meraih gelar juara Liga Champions untuk kali pertama bersama Man City. Dia membutuhkan waktu satu dekade lebih untuk kembali mengangkat trofi Liga Champions setelah dua kali juara bersama Barcelona (2008-2009 dan 2010-2011).

3. Gelar juara Liga Champions membuat Man City dipastikan meraih treble winner. Sebelum ini, mereka lebih dulu menjadi kampiun di Liga Inggris dan Piala FA.

4. Pep Guardiola menjadi pelatih pertama dalam sejarah sepak bola Eropa yang mampu meraih treble sebanyak dua kali. Sebelum meraih treble bersama Man City, dia pernah mengukir prestasi serupa di Barcelona (2008-2009).

5. Rodri menjadi pemain pertama dari Man City yang mampu mencetak gol di final Liga Champions. Di samping itu, dia juga menjadi gelandang tengah pertama yang mencetak gol di final UCL setelah Casemiro pada 2017.

  • Bagikan