Makassar Half Marathon Siap Digelar, Satukan Pelari Lokal dan Internasional di Anjungan Pantai Losari

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Pattiware saat jumpa pers di Balaikota, Makassar, Kamis (15/06/2023). Foto: SHASA ANASTASYA/RAKYATSULSEL/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar kembali menggelar Makassar Half Marathon (MHM) yang akan berlangsung di Anjungan Pantai Losari pada tanggal 18 Juni 2023 mendatang.

Makassar Half Marathon (MHM) merupakan agenda tahunan yang tahun ini merupakan kedua kalinya digelar. MHM merupakan satu-satunya ajang lari setengah maraton berstandar internasional di Indonesia Timur.

MHM akan diikuti oleh 4.000 peserta, termasuk 45 pelari dari berbagai negara seperti Korea, Kenya, Brazil, Singapura, Filipina, Inggris, Skotlandia, dan Amerika.

MHM akan mempertandingkan tiga kategori, yaitu 21K, 10K, dan 5K. Setiap pelari akan didampingi oleh tim pacers, dan sekitar 700 relawan juga akan terlibat dalam acara ini.

Jadwal perlombaan adalah pukul 05.10 Wita untuk kategori 20K, pukul 05.30 Wita untuk kategori 10K, dan pukul 05.45 Wita untuk kategori 5K.

Founder MHM, Ki Harry Ramadhan, menjelaskan bahwa tema untuk tahun ini adalah "Stride of Solidarity" (Langkah Kebersamaan), dengan tujuan melibatkan semua elemen masyarakat terutama komunitas lari.

"Temanya Stride of Solidarity (langkah kebersamaan, red), sengaja agar semua elemen bisa terlibat terkhusus komunitas lari," ujar Ki Harry.

Pendaftaran untuk acara ini hanya dapat dilakukan melalui situs web resmi www.makassarhalfmarathon.com, tidak ada pendaftaran offline yang disediakan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Pattiware, mengungkapkan bahwa tujuan dari penyelenggaraan MHM ini adalah untuk menjadikan olahraga sebagai ruang yang positif bagi masyarakat, dengan memberikan dampak positif bagi kehidupan dan diri sendiri.

Andi Pattiware berharap MHM dapat mengulangi kesuksesan tahun lalu dengan skala yang lebih luas dan target yang lebih besar. Total hadiah untuk MHM tahun ini juga mengalami peningkatan, dari Rp300 juta pada tahun 2022 menjadi Rp500 juta.

"Kita mau mengulangi kesuksesan tahun lalu," ujarnya saat jumpa pers di Balaikota, Makassar, Kamis (15/06/2023).

MHM sebagai ajang lari setengah maraton berstandar internasional terbesar di Indonesia Timur, bekerja sama dengan hampir seluruh komunitas lari di Makassar dan Sulawesi Selatan.

Komunitas-komunitas tersebut terlibat dalam berbagai aspek acara, mulai dari tugas sebagai marshal hingga pemilihan tim pacers. Sebagai bagian dari persiapan, MHM 2023 telah mengadakan serangkaian acara "Road to MHM" sejak Maret 2023.

Beberapa kegiatan yang dilakukan termasuk program pelatihan MHM, seperti Strength Training dan Running Drills, yang diadakan setiap Kamis malam di Tribun Karebosi, serta Sunday Long Runs, kegiatan berlari rutin antara peserta dan tim pacers setiap hari Minggu di kafe-kafe di sekitar Makassar.

Bekerjasama dengan 101 Kota Makassar, tim Pacer dibekali dengan pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support) sebelum bertugas pada saat Race Day Selain Pacer akan ada juga tim pelari dari Di kota Makassar yang disebut Running Doctors, tim yang akan ditempatkan di ketiga kategori sebagai langkah preventif dalam penanganan situasi darurat kepada para peserta pada saat Race Day. (sasa/B)

  • Bagikan