Arab Saudi Beri Fasilitas Tambahan Untuk Jemaah Haji Indonesia

  • Bagikan
Ilustrasi Jemaah Haji Indonesia

"Tahun lalu kami minta ke Kementerian Haji agar disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jamaah haji kita. Infonya tahun ini dipenuhi. Ada 15 mobil golf yang disiapkan," kata Menag Yaqut.

Untuk membantu mobilitas jamaah haji, terutama lansia, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga telah menyiapkan ratusan kursi roda yang akan digunakan saat puncak haji di Armuzna. Kursi roda itu juga akan digunakan untuk mobilitas jamaah di area Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Selain mobil golf, tenda jamaah haji Indonesia di Arafah juga mendapat tambahan 10 toilet di setiap maktab dari yang sebelumnya tersedia 20 toilet.

“Hari ini kami cek kesiapan tambahan toilet di Arafah, termasuk juga renovasi dapur-dapur yang disiapkan untuk memasak makanan jamaah,” katanya.

Menurut dia, kemudahan lainnya yakni terobosan dan inovasi berbasis teknologi informasi seperti aplikasi Nusuk yang memudahkan seluruh jamaah bisa masuk ke Raudhah dengan tertib. (FO)

  • Bagikan