Dari Akademisi, Pengamat Hingga Pemuda di Sulsel Apresiasi Polri Terkait Polisi RW

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Polisi RW merupakan sebuah program dari pemerintah yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Dalam bekerja, nantinya Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Adapum peran Polisi RW ini akan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa utamanya terkait informasi. 

Polisi RW adalah sebutan untuk petugas keamanan yang bertugas di tingkat lingkungan atau rukun warga (RW). Tugas utama Polisi RW adalah menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar, serta membantu masyarakat dalam hal-hal yang membutuhkan pertolongan, seperti kecelakaan atau bencana alam.

Program Polisi RW ini pun mendapat respon positif dan apresiasi mulai dari dari akademisi, pengamat hingga Pemuda di Sulsel, diantaranya;

Dr Abdi (Akademisi Sulsel)

Polisi RW ini adalah sebuah kebijakan yang dulunya original dari Pak Fadil Imran sewaktu menjadi Kapolda Metro Jaya, dan saat ini akan menjadi kebijakan nasional yakni polisi yang ada di setiap RW.
Sehingga kemampuan polisi secara SDM-nya harus diutamakan dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat

Dr Sakka Pati (Pengamat Hukum)

Bahwa kebijakan Polisi RW ini jelas merupakan upaya polri dalam meningkatkan dan menciptakan situasi kamtibmas yang lebih meningkat dan optimal serta kondusif
Apalagi di tahun politik ini tentunya dinamika politik semakin panas sehingga diperlukan peningkatan untuk terciptanya sistem keamanan yang lebih optimal lagi.
Tentunya Polisi RW ini nantinya akan bersinergi dengan masyarakat secara positif untuk melahirkan solusi dari sebuah kondisi yang dihadapi.
Namun memang untuk situasi kamtibmas ini tidak bisa diharapkan sepenuhnya kepolisian, tapi harus melibatkan semua stakeholder.
Jadi harapannya tercipta sistem keamanan yang terintegrasi secara faktual dengan lapisan masyarakat dan stakeholder.

Erwin Saputra (Tokoh Pemuda/ Pemuda ICMI Sulsel)

Polisi RW ini diharapkan dapat mendorong situasi masyarakat yang lebih aman dan sejuk.
Termasuk polisi RW diharapkan bisa mendeteksi dini potensi-potensi konflik sosial masyarakat dan mampu menjadi solusi untuk meredam permasalahan dalam lingkungan terkecil.
Polisi RW tidak bisa dikhawatirkan karena ini bagian terkecil dari masyarakat itu sendiri
Sehingga menurut saya, Polisi RW ini harus diterima untuk menjadi bagian dari kehidupan masyarakat itu sendiri
  • Bagikan