Jadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI XVI, Pemkot Makassar: Persiapan Sudah 90 Persen

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Saat mengikuti Rapat Pra Rakenas APEKSI XVI, di Kediaman Pribadinya jalan Amirullah, Makassar, Senin (26/6). (Sasa/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Persiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI 2023 telah mencapai 90 persen.

Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Makassar Zulfitrah, Senin (26/6). Rakernas APEKSI XVI 2023 akan berlangsung selama lima hari mulai 10 - 14 Juli 2023.

Ia mengaku optimis penyelenggaraan APEKSI XVI 2023 akan berjalan lancar dan sukses. Karena tugasnya hanya melanjutkan event nasional dan internasional sebelumnya, yaitu OTDA dan MNEK.

Ia menyebut dari total 98 kota, saat ini sudah ada sekitar 70 kota yang terkonfirmasi akan hadir pada APEKSI XVI 2023. Ia berharap di jumlah tersebut akan bertambah.

"Sudah 70-an dari total 98 kota. Kita harap bertambah di sisa 2 minggu ini," kata Zulfitrah.

Selain itu, Pemkot Makassar telah menyiapkan agenda dan rangkaian acara yang menarik bagi kota-kota peserta selain untuk belajar dan bertukar pengetahuan.

Pemkot Makassar juga akan memperkenalkan kuliner-kuliner terkenal dari kota tersebut yang tentunya sangat populer.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menyatakan bahwa timnya telah mematangkan persiapan dalam menyambut Rakernas APEKSI.

Danny sapaan akrabnya menyebut persiapan akan diperkuat melalui rapat-rapat teknis yang akan datang. Koordinasi antara Pemkot Makassar dan APEKSI juga dilakukan secara intens melalui grup WhatsApp dan rapat daring.

Rakernas APEKSI XVI akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan. Selain itu, akan ada sajian istimewa seperti pembuatan perahu Pinisi dan rumah adat Tongkonan yang akan dipamerkan di area ICE XIX.

Danny menyebut Rakernas APEKSI tahun ini akan menjadi momen istimewa dan perpisahan bagi beberapa wali kota yang masa jabatannya akan berakhir pada tahun ini.

Pemkot Makassar berkomitmen untuk membuat acara Rakernas kali ini sebagai momen bersejarah yang akan dikenang.

"Kami akan membuat Rakernas kali ini sebagai momen bersejarah yang pantas untuk dikenang," tutup Danny.

Adapun pada Rakernas APEKSI VXI 2023 akan dirangkaikan sevanyak 11 kegiatan di antaranya Youth City Changer pada 10-11 Juli di Tokka Tenarata, Maros. Gala Dinner pada 11 Juli di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar. Opening Rakernas pada 12 Juli di Upperhills, kota Makassar.

Lanjut, Pleno dan Panel pada 12-13 Juli di Upperhills, Indonesia City Expo pada 12-14 Juli di CPI, dan Karnaval Seni Budaya pada 12 Juli di Jembatan Toraja CPI.

Kemudian, City Tour pada 13 Juli di Lorong Wisata dan Benteng Fort Rotterdam, Ladies Program pada 13 Juli di Benteng Fort Rotterdam, Fun Sport pada 13 Juli di Anjungan Pantai Losari.

Terakhir, Penanaman Pohon pada 13 Juli di CPI, dan Investment Forum pada 14 Juli di Hotel Claro Makassar. (Sasa/B)

  • Bagikan